MASOHI, Siwalimanews – Vaksin Sinovac kini telah tiba di Ambon sebanyak 15.120 dosis dan sementara disimpan di gudang Farmasi Dinkes Maluku. Dari jumlah ini, Kabupaten Malteng sendiri dijatahi 2.096 dosis.

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua yang dikonfirmasi Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (5/1) membenarkan, bahwau jatah tahap pertama vaksin ini Malteng akan memperoleh 2.096 dosis,

“Kita Dijatahi 2096 vaksin Sinovac. Dimana untuk sementara vaksinya masih diamankan di Ambon, nantinya setelah semua teknis penyiapan selesai dilakukan, baru kemudian kita semua terima. Prinsipnya dalam waktu dekat ini, vaksinnya sudah bisa diterima di Masohi. Jadi kita sifatnya menunggu dan setelah menerima akan langsung kita gunakan sesuai petunjuk pempus melalui Satgas Covid provinsi,” ucap Bupati.

Dijelaskan, untuk jatah vaksin tahap I ini untuk Malteng, akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Nantinya, setelah vaksin ini diterima Pemkab Malteng melalui satgas kabupaten, maka secara teknis akan dikalkulasikan jumlah peserta yang akan divaksin.

Baca Juga: ASN Pemkab Malteng Diijinkan Kerja dari Rumah

“Pasti teknisnya akan disiapkan. Prinsipnya nakes yang kita prioritaskan. Nakes tentu tidak hanya di Kota Masohi saja, melainkan akan kita peruntukan bagi  semua kecamatan yang ada, sehingga pengunaan 2.096 vaksin Covid-19 itu dapat secara merata disalurkan dan digunakan di seluruh kecamatan yang ada di Malteng,” tandas Bupati. (S-36)