AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 115 atlet karate dari 7 perguruan dibawah naungan Forum Olahraga Karate Indonesia (Forki) Kota Ambon, Rabu (21/9), mengikuti kejuaraan memperebutkan piala Walikota Ambon.

Event ini juga sekaligus sebagai proses seleksi atlet karate asal kota Ambon untuk mengikuti event Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) yang akan berlangsung bulan November  mendatang.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena saat membuka kejuaraan itu, memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan event tersebut. bahkan ia berharap, pertandingan yang rencananya akan berlangsung selama dua hari itu, dapat berjalan dengan baik, dan menghasilkan atlet-atlet terbaik yang akan mengikuti event Popmal 2022.

“Pemkot memberikan apresiasi bagi Ketua Forki dan seluruh jajaran yang telah berupaya untuk melaksanakan event kejuaraan karate dalam rangka memperebutkan piala Walikota ini,”ujar walikota.

Sementara itu Ketua Forki Kota Ambon Agus Ririmasse menambahkan, seleksi yang dikemas dalam perlombaan itu, nantinya akan menghasilkan empat kandidat terbaik per 13 kelas, yang nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti Popmal di bulan November mendatang.

Baca Juga: Jalan Rusak, Penyebab Harga BBM di Buru Rp35 Ribu Perliter

“Dengan demikian, Forki Kota Ambon mengambil langkah-langkah cepat untuk menyeleksi atlet-atlet karate yang ada di kota ini. Peserta merupakan atlet terbaik dari masing-masing perguruan yang ada dalam naungan Forki,” jelasnya.

Setelah terpilih empat kandidat atau juara dari 13 kelas yang diikutsertakan dalam seleksi ini, kata Ririmasse, pihaknya akan melaksanakan trainig center (TC) selama dua bulan guna kesiapan Popmal.

“Kita berharap dapat menghasilkan atlet-atlet berprestasi yang punya kemampuan untuk mengikuti Popmal nantinya,” tandas Ririmasse.(S-25)