AMBON, Siwalimanews – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memberikan bantuan sebanyak 1.000 paket sembako kepada para para buruh terdampak Covid-19 di Provinsi Maluku.

Ribuan paket sembako tersebut disalurkan oleh Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, kepada sejumlah buruh maupun pengurus DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Provinsi Maluku di Rupatama Mapolda, Senin (9/5).

“Penyerahan bantuan ini adalah wujud kepedulian dan perhatian Polri kepada serikat pekerja seluruh Indonesia di wilayah Maluku yang terdampak Covid-19 dengan harapan dapat mengurangi beban dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” ucap Kapolda.

Kapolda mengaku, mewabahnya Covid-19 telah menyebabkan dampak yang begitu luar biasa, baik terhadap perekonomian, serta kesejahteraan masyarakat dan sebagainya.

“Atas kondisi tersebut, bapak Kapolri bekerjasama dengan Presiden KSPSI Andi Gani dan kita juga berikan perhatian kepada saudara-saudara kita yang khususnya tergabung dalam serikat pekerja seluruh Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga: Ini Instruksi Kemenkes ke Setiap Provinsi

Polri kata Kapolda, memahami bahwa, masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, baik sosial maupun perekonomian cukup tinggi di Indonesia, salah satunya adalah Provinsi Maluku.

“Kasus konfirmasi di Maluku Saat ini semakin menurun dan jauh lebih rendah dari angka nasional, sehingga secara kuantitas kita mungkin bisa bersyukur,” ujarnya.

Meski beberapa bulan terakhir angka konfirmasi di Maluku masih dangka nol, namun Kapolda menganjurkan masyarakat agar tidak lengah serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Bapak Kapolri terus mengingatkan kepada masyarakat yang melaksanakan mudik agar terus menjaga protokol kesehatan, karena pandemi belum berakhir,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus pusat KSPSI yang terus memberikan perhatian dan kerjasama dengan Polri, sehingga beberapa kegiatan kemasyarakatan seperti penyampaian aspirasi, khususnya di Maluku dapat berjalan dengan aman dan kondusif

Ditempat yang sama Ketua DPD KSPSI Maluku, Mateis Edward Kailola, mengapresiasi Polri khususnya Polda Maluku yang telah memberikan bantuan sembako kepada para pekerja buruh di daerah ini.

Menurutnya, bantuan Kapolri ini akan selanjutnya disalurkan kepada para buruh yang namanya telah terdaftar.

“Kita akan salurkan kepada seluruh pekerja di 11 kabupaten/kota di Maluku. Nama-nama penerima bantuan sudah terdaftar, baik ditingkat KSPSI pusat maupun daerah,” tandasnya.

Sementara itu Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea yang diwakili Bendahara DPP KSPSI Tomi Pangaribuan juga menyampaikan ungkapan terima kasih banyak kepada Kapolri maupun Kapolda Maluku yang telah peduli terhadap para pekerja terdampak Covid-19.

“Kami menyampaikan terima kasih karena telah meringankan pekerja-pekerja yang ada di Maluku,” ucapnya. (S-10)