PIRU, Siwalimanews – Pemerintah daerah Kabupaten Ser am Bagian Barat (SBB) menyerahkan secara simbolis bantuan sembako dan masker kepada 1.349 kepala keluarga kurang mampu.

Hal ini atas kepedulian pemerintah daerah akibat pembatasan sosial atas wabah Virus Corona (Covid-19).

Pembagian sembako dan masker tersebut diser ahkan langsung oleh Bupati Moh. Yasin Payapo dan Wakil Bupati Timotius Akerina, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Mansur Tuharea dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang berlangsung di Kantor Desa Piru, Kecamatam Seram Barat, dan Kantor Desa Waisamu Kecamatan Kairatu Barat, Minggu (19/4).

Pembagian sembako berupa beras, minyak goreng, gula, susu, mie instan dan masker kepada 1.349 KK kurang mampu ini akan juga dibagikan ke semua wilayah yang ada di SBB.

Pembagian ini merupakan respon cepat pemerintah daerah atas kondisi ekonomi yang memang sedang menurun drastis akibat dari dampak Covid-19 yang mempengaruhi hampir semua lini kehidupan termasuk sosial ekonomi.

Baca Juga: Hari Ini Ambon Wajib Masker

Bupati Moh. Yasin Payapo kepada Siwalima, Minggu (19/4) mengatakan, penyer ahan bantuan sembako dan masker ini dibagikan kepada 1.349 KK kurang mampu yang tersebar di Bumi Saka Mese Nusa.

“Bantuan sembako yang saya serahkan ini seperti, beras, minyak goreng, gula, susu, mie instan dan masker dan bantuan tersebut nantinya akan kita sebarkan secara merata kepada 1.349 KK tersebut sesuai dengan data keluarga kurang mampu yang ada,” ungkapnya.

Dikatakan, pembagian sembako ini sesuai data yang ada, dimana dari data tersebut Pemda SBB memiliki 19 ribu keluarga yang tidak mampu, maka dengan itu nantinya keluarga tersebut akan mendapatkan bantuan secara menyeluruh baik itu berupa PKH, BLT maupun dari Kementrian Sosial RI.

Dikatakan, pembagian paket sembako dan masker ini semata-mata memang ingin membantu meringankan beban masyarakat di tengah wabah virus corona.

“Gerakan sosial ini murni ingin membantu masyarakat, di tengah pandemi Covid-19. Kita tahu, saat ini penghasilan masyar akat minim. Melihat kondisi itu kita bergerak guna berbagi dengan masyarakat di Bumi Saka Mese Nusa,” ujarnya.

Menurutnya, paket sembako tersebut hanya dibagikan kepada 1.349  KK masyarakat kurang mampu. Dan apabila ada tambahan maka akan juga juga disalurkan ke masyarakat lain seperti, pedagang, dan ojek. Sebab Pemda SBB juga sangat prihatin dengan nasib mereka, yang dagangannya tidak laku atau mata pencaharian, serta pengahsilan lebih jauh semakin berkurang.

Selain berikan bantuan sembako dan masker ke masyarakat, Bupati juga sampaikan himbauan pemerintah agar tetap berada di rumah untuk memutus rantai penularan virus corona.

Seorang warga penerima bantuan sembako, Ibu Ros (58) mer asa senang dan terbantu karena kondisi perekonomian keluarganya saat ini tidak  begitu memadai dampak virus corona.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah daerah khusnya Bupati dan wakil Bupati sudah turun langsung untuk membantu kami. Dan peduli terhadap masyarakat. Semoga Allah SWT yang membalasnya kebaikan Bupati dan Wakil Bupati dan jajarannya nantinya,” katanya. (S-48)