Seminggu lebih melaksanakan tugas Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa langsung membagikan 40 ton beras kepada 1.334 keluarga penerima manfaat. di Kecamatan Leihitu Barat, Jumat (22/9).

Penyerahan bantuan ini diberikan penjabat bupati saat hari kedua berkantor di tiga kecamatan.

Dalam agenda kerjanya di kecamatan itu, bupati kemudian mengeksekusi sejumlah bantuan hingga meluncurkan program kerja dan langsung di eksekusi di lapangan.

Dalam arahannya, penjabat bupati kembali minta perangkatnya serta pemerintah kecamatan dan para kepala pemerintah negeri untuk tetap memprioritaskan masalah program ke penanganan kemiskinan ekstrem guna peningkatan kesejahteraan masyarakat, masalah stunting, stabilitas keamanan serta kualitas pendidikan.

“Tingkatkan kesejahteraan masyarakat, ciptakan dan tingkatkan stabilitas keamanan dan ketertiban di Leihitu Barat, tingkatkan pelayanan posyandu, naikan insentif kader posyandu di semua negeri,” tandasnya rilis yang diterima harian Siwalima, Jumat (22/9).

Baca Juga: Bupati Ajak Forkopimda Duduk Bacarita

Penjabat bupati menegaskan agar proses pendataan dan verifikasi data kemiskinan dan kemiskinan ekstrem harus secepatnya dilakukan.

Instruksi itu kemudian  ditindaklanjuti dengan penyaluran bantuan pangan nasional dalam bentuk beras kualitas baik sebanyak 40 ton yang menyasar 1.334 KPM.

Tak hanya itu bupati minta dinas terkait melakukan pendistribusian tenaga guru secara merata serta meminta inovasi guru bergerak dari satu sekolah ke sekolah lainnya per tiga setiap tiga  bulan.

Langkah nyata pun dilakukan saat bupati berkunjung di Desa Alang dimana Dinas Pencatatan Sipil langsung melakukan pelayanan pencatatan sipil di lapangan. Selain itu juga dilakukan sosialisasi akses permodalan dan kerjasama pemerintah bank dan bisnis oleh dinas koperasi untuk para pelaku UMKM di Leihitu Barat.

Secara khusus dalam kunjungannya di kecamatan itu, penjabat bupati pun berkunjung ke seluruh negeri di Leihitu Barat.

Saat tiba di Negeri Wakasihu, bupati langsung meninjau pengembangan sarana olahraga bola kaki dengan peremajaan lapangan oleh  Dinas Pekerjaan Umum dan Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Sementara di Negeri Larike, bupati langsung meninjau pengembangan hidro­-ponik dan langsung direspon dan eksekusi oleh Kadis  Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Sementara untuk Negeri Alang dilakukan pembangunan jaringan Telekomunikasi oleh Dinas Kominfo serta peninjauan lokasi Koramil persiapan dan dieksekusi oleh Dinas Kesbangpol, bekerja sama dengan  Kodim 1501 Ambon, melalui anggaran hibah daerah.

Bupati menegaskan Pemkab Malteng akan terus membangun kerja sama dan sinergis dengan aparat keamanan dengan TNI-Polri agar situasi ketertiban dan keamanan masyarakat dapat terus di perlihatkan di bumi Omahan. “Kita akan bangun secara berkelanjutan dan dikoordinasikan dengan Dandim Ambon agar upaya membangun markas Koramil persiapan di kecamatan Leihitu Barat dapat benar-benar berjalan sesuai harapan,” urainya.

Tak sampai di situ pejabat bupati juga berkunjung ke Negeri Hattu. Dalam kunjungannya itu ia meninjau pembangunan jalan yang sedang dieksekusi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Maluku. (S-17)