AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 1.056 lulusan Universitas Pattimura Ambon, diwisudakan. Acar Wisudawan iti, digelar dalam  rapat terbuka luar biasa senat, dalam rangka wisuda sarjana, profesi dan doktor periode Agustus 2021 yang dipusatkan do Auditorium kampus Unpatti, Selasa, (31/8).

1.056 wisudawan itu terdiri dari 943 sarjana, 4 profesi dokter, 106 magister dan 3 doktor. Mereka ini diwisudakan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unpatti Nomor 1307/UN13/SK/2021.

Rektor Unpatti MJ Saptenno pada keszempatan itu, mengingatkan kepada para wisudawan agar seluruh tindakan, langkah hidup maupun cara berbicara, harus menunjukkan seorang sarjana.

“Setelah diwisuda hari ini, para wisudawan diharapkan mampu menjadi intelektual yang melakukan perubahan di dalam masyarakat. Tanpa itu, masyarakat akan mempertanyakan eksistensi wisudawan sebagai sarjana,” tandas Rektor.

Sementara itu, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno mengatakan, tambahan gelar akademik yang diperoleh para wisudawan hari ini, merupakan tanggung jawab besar.

Baca Juga: Bandar Judi Gunung Botak, Aniaya Wartawan  

“Saya berharap, para wisudawan tidak cepat berpuas diri dengan apa yang telah dicapai hari ini. Terus belajar mengasah kemampuan diri, karena saudara akan memasuki dunia kerja yang penuh tantangan,” ucap Wagub.

Potensi sumber daya alam Maluku saat ini kata Wagub, belum sepenuhnya dikelola secara maksimal untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Untuk itu, Wagub mengajak semua perguruan tinggi di Maluku, untuk dapat mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia, agar mampu mengelola dan memanfaatkan potensi sumber daya alam untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Perjuangan pemda dan masyarakat masih sangat panjang. Butuh kerja keras dari semua anak negeri tanpa terkecuali. Target kita harus jelas, bahwa diatas kelimpahan SDA yang melimpah, kita mesti menjadi tuan di negeri sendiri,” ujar Wagub.

Untuk itu, menurut Wagub, persiapan SDM yang berkualitas perlu dipersiapkan agar dapat bersaing dalam dinamika pembangunan nasional.

Pasalnya Wagub rindu ingin menyaksikan generasi muda Maluku mampu bersaing dalam tantangan dunia kerja, seperti pengembangan Blok Masela, pengembangan Maluku sebagai LIN dan berbagai program prioritas nasional lainnya di daerah ini.

“Saya berharap, kiranya, bentangan karya kedepan akan semakin diperkaya dengan prestasi membaggakan, terutama dalam meningkatkan kualitas SDM sebagai kontribusi Unpatti dalam membangun Maluku yang cerdas dan berkualitas,” harap Wagub. (S-51)