AMBON, Siwalimanews – Dalam memperingati Sumpah Pemuda, Youth Ambon Island mengisinya dengan menggelar lomba gelar jalan indah, Sabtu (21/10)

Sedikitnya 77 regu sudah mendaftar sebagai peserta yang akan mengikuti event ini mulai dari remaja sampai dewasa.

Pembina Panitia LGJI, Richard Rahakbauw kepada wartawan di ruangnya menjelaskan YAI merupakan perkumpulan anak muda Islam dan Kristen di Pulau Ambon yang terpanggil untuk memeriahkan hari Sumpah Pemuda.

“Kita mencari momen tepat dan diputuskan digelar LGJI dalam rangka hari sumpah pemuda yang diikrarkan pada 28 Oktober 1928,” katanya.

Ia mengaku para pemuda dahulu memperjuangkan kemerdekaan dengan menggunakan bambu runcing, namun pemuda sekarang diharapkan dapat memberikan motivasi untuk memajukan daerah dengan menampilkan kreativitas dan inovasi.

Baca Juga: KPN Dilantik, Wabup Ingatkan Pengelolaan DD

Salah satu kreativitas yang dapat dilakukan pemuda untuk mengisi sumpah pemuda adalah dengan menggelar LGJI.
Lanjutnya LGJI juga merupakan salah satu icon pariwisata yang selama ini terus dilakukan dengan tujuan menarik wisatawan ke kota Ambon.

“Intinya LGJI yang kita diselenggarakan didukung juri dari TNI dan polri sebanyak 15 orang dengan wasit sela dari kalangan masyarakat,” tegasnya.

Bahkan untuk mendukung peningkatan pendapatan UMKM, Panitia LGJI juga menyediakan sejumlah stand UMKM agar disamping LGJI yang menjadi fokus iven namun ekonomi UMKM juga bergerak.

“Kita berharap disamping LGJI, UMKM juga kita dorong agar tetap bergerak di sepanjang pantai Wainitu yang selama ini menjadi icon pariwisata di Kota Ambon,” pungkasnya.

Ditambahkan panitia juga menyediakan hadiah dan bonus bagi peserta yang dinyatakan juara serta doorprize bagi masyarakat yang menonton. (S-20)