AMBON, siwalimanews – Ketua Tim Penggerak PKK Maluku, Widya Murad Ismail jadi tamu kehormatan di acara  Ubud Food Festival pada 17-19 April 2020 mendatang. Widya dianggap menaruh perhatian penuh pada kuliner khas Maluku.

Sebagai daerah penghasil ikan dan penghasil rempah-rempah sampai mendapat julukan “The Spice Islands”, Widya ingin mengoptimalkan potensi yang ada dengan melestarikan kuliner khas Maluku berbahan dasar ikan dan rempah-rempah.

“Sebagai tamu kehormatan nanti, tentunya saya akan terus mencoba meracik cita rasa makanan khas Maluku, dan juga tata cara penyajian hidangan, sebelum mengikuti festival tersebut,” kata Widya dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Rabu (4/3).

Menurutnya tim pengerak PKK Maluku dalam festival itu akan menampilkan makanan khas Maluku. “Kita akan terus mencoba seperti apa, akan dicoba dulu, nantinya akan ada pendamping yang bisa memasak,” kata Widya..

Baca Juga: Kadis Perindag Tanggapi Tudingan Komisi III

Ia menargetkan diawal April semua persiapan terkait menu masakan dan tata letak sajian telah rampung.  Dan salah satu hotel terkenal di Maluku bakal menjadi tempat uji coba sajian masakan sebelum mengikuti festival tersebut.

“Karena makanan yang mereka sajikan disantap para undangan mancanegara sehingga mereka yang kita pakai untuk persiapan ke festival nanti,” ungkap Widya.

Menurutnya, pihaknya akan mempelajari pengolahan masak agar cita rasa khas makanan daerah Maluku tetap terjaga seperti pedas, asin atau manisnya sajian. Karena itulah, pihaknya bakal hati-hati saat memasak.

“Kita harus perfect (sempurna), dalam artian penyajiannya atau perlengkapan lainnya,” tegasnya.

Untuk diketahui, Ubud Food Festival memiliki visi lestarinya kuliner khas daerah Indonesia, termasuk kuliner Maluku yang merupakan bagian dari kearifan lokal dengan cara menyebarkan edukasi tentang budaya kuliner Indonesia beserta sejarahnya.

Festival Food Festival 2020 ini akan diselenggarakan di sejumlah Restaurant dan Hotel di kawasan Ubud. Secara signifikan, demografi kehadiran festival ini adalah masyarakat luas, pecinta kuliner dan wisatawan.

Penyelenggaraan festival ini melibatkan chef lokal, nasional dan internasional, pemerhati dan kritikus makanan, duta besar dari berbagai negara, media, pengusaha, sekolah dan perguruan tinggi, serta masyarakat umum.

Di acara Ubud Food Festival 2020, Widya diundang sebagai tamu kehormatan bersama sejumlah figur penting lainnya seperti Kepala Departemen Sejarah dan Budaya dari Kantor Kebudayaan dan Pariwisata, Nangroe Aceh Darussalam, Irmayani, dan Chef Braden White dari Australia yang merupakan Group Chef dari 8 Degree Project, bekerja di di seluruh group bar dan restourant Bikini, Sisterfields, Sibling Expresso, dan BO$$ Man.