AMBON, Siwalimanews – Benhur George Watubun resmi menjabat sebagai Ketua DPRD Maluku sisa masa jabatan 2019-2024, menggantikan Lucky Wattimury yang dibebas tugaskan oleh Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Pengambilan sumpah/janji Watubun dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Maluku pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Maluku dalam rangka pengucapan sumpah/janji Ketua DPRD Maluku sisa masa jabatan tahun 2019-2024 yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Melkianus Sairdekut, Senin (19/12).

Pelantikan Watubun sebagai Ketua DPRD Maluku dilakukan berdasarkan SK Mendagri Nomor 100.2.1.4-6224 tahun 2022 tentang Pengresmian Pengangkatan Ketua DPRD Provinsi Maluku sisa masa jabatan 2019-2024 tanggal 2 Desember yang ditandatangani Mendagri Tito Karnavian.

Gubernur dalam sambutanya mengatakan, kepercayaan dari negara yang diterima dengan menjadi Ketua DPRD Provinsi Maluku harus ditindaklanjuti dengan menunjukkan dharma bhakti serta pengabdian bagi institusi, daerah dan masyarakat Maluku.

Pelantikan ini harus menjadi momentum untuk lebih memaksimalkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antara eksekutif dan legislatif dalam semangat kemitraan pemerintah daerah.

Baca Juga: DPRD Gelar Uji Publik Ranperda Pengelolaan Sampah

“Sebagai orang-orang yang terpilih oleh rakyat kita tetap diingatkan, bahwa kepentingan masyarakat adalah yang utama diatas kepentingan pribadi dan golongan,” ujar gubernur.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Melkianus Sairdekut mengatakan, berdasarkan ketentuan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemda menegaskan, pergantian Ketua DPRD Provinsi Maluku menjadi kewenangan partai politik pemenangan pileg.

SK Mendagri tentang pengresmian dan pengangkatan Watubun sebagai Ketua DPRD menindaklanjuti surat Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Nomor 4618/IN/DPP/XI/2022 tanggal 4 November perihal Pengesahan dan Penetapan Ketua DPRD Provinsi Maluku.

“Dengan pelantikan hari ini, maka Benhur George Watubun telah menjabat sebagai pimpinan DPRD dan sebagian pimpinan, kami juga memberikan penghargaan dan apresiasi kepada mantan Ketua DPRD Lucky Wattimury atas dedikasinya selama memimpin DPRD,” ucap Sairdekut.

Sementara itu, Benhur Watubun dalam pidato perdananya sebagai Ketua DPRD mengajak seluruh elemen, baik pemerintah, pimpinan lembaga dan masyarakat untuk tetap menjaga kedamaian di Maluku serta dapat mendukung program pembangunan yang sedang dan akan dilakukan pemerintah.

“Dalam semangat kemitraan, saya meminta dukungan gubernur dan jajaran untuk secara bersama meningkatkan kesejahteraan rakyat dan tetap dalam persepsi, bahwa kepentingan rakyat yang harus diutamakan untuk diperjuangkan dan pemerintah pembangunan dan pelayanan publik,” pintanya.(S-20)