AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Maluku Benhur Watubun, minta pemerintah daerah segera mengusulkan penanganan infrastruktur yang rusak akibat bencana.

Usulan ini disampaikan Watubun, merespon kerusakan sejumlah infrastruktur di Maluku akibat curah hujan dengan intensitas tinggi beberapa waktu lalu.

Menurutnya, semua infrastruktur yang rusak diterjang air akibat luapan sungai, baik jalan dan jembatan harus didata oleh Dinas PUPR baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk mendapatkan perhatian.

“Semua kerusakan infrastruktur yang terjadi beberapa waktu lalu harus didata oleh instansi terkait, lalu diusulkan penambahannya segera,” ujar Watubun kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (18/6).

Penanganan infrastruktur yang rusak kata Watubun, dapat dilakukan sesuai dengan kewenangannya, jika ada kendala terkait persoalan anggaran, maka dapat diusulkan ke pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

Baca Juga: Alkatiri Usul Pemprov Bentuk Tim Pemanfaatan Aset Daerah

Namun, jika anggaran daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota mampu untuk menangani kerusakan infrastruktur tersebut, maka dapat dilakukan oleh masing-masing pemda.

“Penanganan kan harus melihat kewenangan, jadi kalau ada anggaran, masing-masing pemda harus tangani, tapi jika terkendala anggaran, maka dapat diperjuangkan ke pemerintah pusat,” ucap Watubun.

Watubun berharap, pemda tetap responsif terhadap semua kebutuhan masyarakat, termasuk infrastruktur yang rusak untuk diperbaiki, agar tidak menghambat pertumbuhan ekonomi.(S-20)