AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury mengingatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku untuk lebih terbuka kepada publik dalam setiap agenda pemerintahan.

Penegasan ini disampaikan Wattimury kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (29/10) menanggapi penghargaan yang diterima Pemerintah Provinsi Maluku terkait dengan keterbukaan informasi yang diserahkan langsung Wakil Presiden RI, Ma’aruf Amin beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, dalam beberapa hari terakhir Pemerintah Provinsi Maluku menerima penghargaan dari wakil presiden terkait dengan keterbukaan informasi yang diterima Gubernur Maluku dan penghargaan kedua dari Menteri Perdagangan tentang perlindungan konsumen.

Kedua penghargaan ini, kata Wattimury menunjukkan bahwa pemerintah provinsi Maluku telah melaksanakan agenda pemerintahan secara tersistem dan terbuka dalam berbagai hal, artinya infomasi kepada publik itu harus selalu diberikan oleh Pemerintah Provinsi Maluku.

“Saya berharap sangat OPD terkait agar lebih proaktif melakukan perencanaan dan memberikan informasi kepada publik tentang apa yang direncanakan,” tegasnya.

Baca Juga: Akademisi: Insinerator Suli tak Layak

Menurutnya, baik pada tahapan perencanaan sampai dengan tahapan pelaksanaan harus disampaikan kepada masyarakat agar seluruh hak-hak masyarakat dapat tetap terjamin dengan adanya keterbukaan informasi publik tersebut.

“Saya memberikan apresiasi kepada pemerintah provinsi Maluku karena tahap demi tahap Pemerintah Provinsi Maluku diakui oleh pemerintah pusat dan mudah-mudahan kegiatan besar seperti Ambon New Port, Lum­bung Ikan Nasional dan Masela dapat secepatnya direalisasikan sehingga masyarakat dapat memperoleh manfaat bagi kehidupan,” cetusnya. (S-50)