AMBON, Siwalimanews – Ketua Saniri Negeri Passo Felix Tuhilattu, direncanakana akan diganti menyusul adanya surat masuk dari warga Passo, yang meminta agar pemkot mengganti ketua saniri, demi memperlancar proses  penetapan dan pelantikan raja yang definitif.

Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon Jafri Taihuttu yang dikonfirmasi wartawan di Baileo Rakyat Belakang Soya, Selasa (1/11) mengaku, hal itu akan diagendakan untuk dibicarakan dan diproses pergantiannya.

“Jadi ada surat masuk untuk pergantian Ketua Saniri Negeri Passo dan tadi dalam rapat evaluasi bersama tim percepatan negeri, telah diatensi dan akan mengatur waktu khusus, untuk proses pelantikan dan pergantiannya,” ucap Jafri.

Menurutnya, sebelumnya juga telah dilakukan PAW terhadap anggota Saniri Negeri Passo dan Batu Merah atas usulan masing-masing soa, sebab atas dasar itu pula, telah diusulkan untuk pergantian ketua saniri.

“PAW sebelumnya sudah jalan, dan itu kewenangan ada pada soa, jadi ketika soa mengusulkan, maka tugas dan tangung jawab saniri untuk melanjutkan apa yang diusulkan soa ke pemkot untuk melantik atau mengantikannya,” ucap Jafri.

Baca Juga: KKT Komitmen Turunkan Stunting

Sementara itu, Felix Tuhilattu yang dikonfirmasi Siwalimanews, terkait surat usulan warga untuk pergantian dirinya selaku Ketua Saniri Negeri Passo mengaku, belum mengetahui hal itu. Bahkan dirinya juga belum menerima ataupun melihat surat tersebut

“Beta (saya-red) sendiri belum terima surat tersebut. Ya tentu pergantian saniri ada aturan mainnya sesuai perda, kalau atas like and this like, tidak bisa begitu. Sesuai SK, saya masih 3 tahun lebih menjabat loh,” tegas Felix.(S-25)