AMBON, Siwalimanews – Walikota Ambon, Richard Louhena­pessy memastikan capaian vaksinasi untuk umum sampai saat ini sudah 95 persen.

“Artinya menyisakan 5 persen lagi untuk kita ada diangka normal 100 persen sesuai target,” tegas walikota kepada wartawan usai meresmikan kantor Klasis Pulau Ambon Timur, Senin (17/1).

Penyuntikan vaksinasi dosis kedua menurutnya, sudah menuju 60 persen, dengan usia lansia.

“Paling tinggi diangka 68,97 persen,” kata walikota.

Dengan gencarnya serbuan vaksinasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Ambon dibantu TNI/Polri jelas walikota, membuat capaian vaksinasi hampir 100 persen.

Baca Juga: Gandeng Binda, Pemkab Aru Percepat Vaksinasi

Selain itu juga keberhasilan ini juga katanya, tidak dilepaskan dari kerja sama dengan tenaga kesehatan maupun masyarakat yang berpartisipasi.

“Tugas kita belum selesai, masih berlanjut untuk sisa 5 persen dosis pertama dan vaksin anak-anak usia 6-11 tahun tahap kedua yang rencananya pekan ini,” ujarnya.

Saat ini menurutnya vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun sudah mencapai 47,45 persen

Capaian itu tentu dilihat sangat signifikan sebab tingginya partisipasi orang tua yang membawa anak-anaknya untuk divaksin demi bisa belajar tatap muka lagi.

“Hari ini dan besok, OPD Pemkot Ambon akan konsolidasi dan sosialisasi lagi dengan daerah-daerah binaannya. Sebab hari Rabu dan Kamis itu tindak lanjut lagi vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun,” uraibya.

Dirinya berharap, sampai akhir Ja­nuari vaksinasi anak-anak usia ter­sebut sudah tuntas dengan men­capai target 31 ribu sekian. (S-52)