AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif bersama dengan rombongan  melakukan kunjungan sekaligus silahturahmi ke Keuskupan Amboina, dan diterima oleh Uskup Administrator Keuskupan Amboina Mgr. Petrus Canisius Mandagi Senin (17/1).

Uskup Agung Marauke itu juga mengapresiasi kerja Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya Polda Maluku atas kinerjanya dalam memelihara situasi kamtibmas.

Pada kesempatan itu, Uskup Mandagi juga minta dukungan dari Kapolda terkait dengan rencana pelantikan Uskup Amboina yang bakal digelar pada bulan 23 April mendatang.

“Terima kasih atas kinerja Polri dalam memelihara situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. Terkait pelantikan Uskup, mohon dukungan Polda Maluku dalam pengamanan dan fasilitas transportasi,” harapnya.

Ia mengaku, selama ini pihaknya juga senantiasa bekerja sama dengan TNI dan Polri dalam mewujudkan kamtibmas yang kondusif. “Jaga relasi antara TNI dan Polri, mengantisipasi gangguan kamtibmas seperti balap liar yang sering terjadi di jalan Pattimura, sehingga tidak menjadi potensi-potensi permasalahan,” kata Mandagi.

Baca Juga: Proyek SMI Rp13 M tak Tuntas, Segera Diusut!

Ditempat yang sama, Kapolda Irjen Lotharia Latif yang didampingi Karo Ops, Direktur Intelkam, Direktur Binmas dan Kabid Humas mengaku, siap mendukung segala kegiatan yang akan dilaksanakan Keuskupan Amboina.

Menurut Kapolda, kamtibmas yang terbina dengan baik hingga saat ini, tidak terlepas dari topangan berbagai pihak, temasuk para tokoh agama.

“Terima kasih atas kesempatannya dapat bersilaturahmi hari ini. Sebagai pejabat baru, saya wajib bersilaturahmi dengan tokoh agama di Provinsi Maluku, karena tidak dipungkiri terciptanya kamtibmas yang kondusif, tidak terlepas dari dukungan para tokoh agama,” ujar Kapolda.

Kapolda berharap, sinergitas yang dibangun selama ini, kiranya tetap terjaga, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang lebih baik lagi kedepan. (S-45)