AMBON, Siwalimanews – Penjabat walikota Ambon bo­dewin Wattimena menerima kun­jungan kerja pimpinan dan anggota DPRD Kota Tual, Senin (6/6).

Ketua DPRD Kota Tual, Hasan Syarifudin Borut, bersama rombongan yang berjumlah 20 orang, diterima oleh Walikota didampingi Asisten I, Elkyopas Silooy di ruang rapat Vlissingen, Balai Kota.

Ketua DPRD Borut mengatakan, pihaknya datang ke Kota Ambon selain dalam rangka silahturahmi juga untuk studi banding atau kerja sama antar daerah.

“Kota Ambon merupakan kota tertua di Maluku dan menjadi pusat pemerintahan provinsi, sudah barang tentu dari aspek kemajuan, kota Ambon pasti lebih maju daeri kabupaten/kota lainnya.” ungkapnya.

Menurutnya, sebagai ibu kota Provinsi Maluku, Ambon memiliki keunggulan dalam pengelolaan pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik.

Baca Juga: Calvin: Proyek Air Baku Baru Tuntas 2024

“Kami dari DPRD Kota Tual ingin mengetahui pelaksanaan dan pengelolaan pendapatan, perizinan, termasuk pembangunan infrastruktur yang berbasi pendapatan,” ujarnya.

Hal ini lanjutnya, sangat dibutuhkan untuk pengembangan Kota Tual yang merupakan kota kepulauan, dengan total 66 pulau.

“Kota Tual merupakan kota yang unik karena merupakan kota kepulauan.  Dimana dari 66 kepulauan yang  berpenghuni hanya 13 pulau dan wilayahnya terdiri dari 2 persen daratan,                   98 persen laut sehingga dari aspek penghubung, kota Tual cukup terisolasi, apalagi                  dengan kondisi laut yang       fluktuatif menyebabkan kami alami banyak kendala,”              jelasnya.

Sementara itu, Penjabat Walikota Bodewin mengatakan pihanya terbuka dan merasa terhormat menerima kunjungan dari DPRD maupun              pemerintah daerah lain untuk berdiskusi dan belajar dari Kota Ambon.

“Maksud dari kedatangan DPRD Kota Tual telah dibicarakan kepada pimpinan OPD terkait, yakni Kepala Dinas PUPR, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi, serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, sehingga nantinya DPRD Kota Tual akan berdialog secara langsung dengan para pimpinan OPD,” jelasnya. (Mg-1)