AMBON, Siwalimanews – Demi mengajak masyarakat untuk terus mengkonsumsi pangan lokal, Pemerintah Kota Ambon menggelar festival Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan lomba masak serba ikan.

Lomba yang dibuka oleh Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena tersebut diikuti oleh  ibu-ibu rumah tangga berlangsung di Aula Gedung Xaverius, Selasa (26/9).

“Pangan lokal yang diolah secara baik dan memiliki nilai gizi yang tinggi, maka tentu akan berdampak pada pemenuhan nilai gizi,” kata walikota dalam sambutanya.

Ia mengaku kegiatan yang digagas ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya konsumsi pangan lokal beragam dan bergizi.

“Saya berharap melalui kegiatan ini akan tercipta inovasi-inovasi baru dalam mengolah pangan lokal guna meningkatkan minat makan anak-anak, dan hal ini tentu berimbas pada penurunan angka stunting di Kota Ambon,” ujarnya.

Baca Juga: Hutang SMI Picu Pembangunan Maluku Gagal

Kegiatan ini lanjutnya, dapat dilakukan sampai ke tingkat RT/RW, guna meningkatkan kemampuan warga yang notabennya ibu-ibu rumah tangga guna menciptakan menu baru dari pangan loka

“Harapan saya, ini tidak sekedar lomba, tapi bagaimana ini menjadi kreasi ibu-ibu bagi menu makan keluarga,” katanya.

Untuk diketahui, penenang dari event ini akan diukur sertakan pada lomba yang sama di tingkat provinsi.(S-25)