AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya, minta agar partai politik tidak melibatkan ASN dalam politik praktis dimasa kampanye maupun saat pelaksanaan pilkada di bulan November nanti.

“Saya minta agar jangan melibatkan ASN untuk terlibat dalam politik praktis. Karena memang kadang-kadang ASN bisa saja tergiur dengan tarikan atau bujukan,” ucap walikota pada acara penyerahan bantuan keuangan ke partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD Kota Ambon tahun anggaran 2024 di salah satu hotela, Rabu (2/10).

Kendati begitu, walikota juga selalu mengingatkan agar ASN untuk tetap menjaga netralitas meskipun memiliki hak dalam memberikan suara dalam hari pencoblosan nanti.

“Dalam tiap kesempatan saya juga selalu ingatkan mereka (ASN-red) untuk jaga netralitas, sehingga siapapun pemimpin yang akan terpilih, nantinya tidak akan mempengaruhi kita dalam menjalankan tugas pemerintahan,” tandasnya.

Walikota berharap, partai politik dapat berperan dalam memberikan edukasi politik yang baik bagi masyarakat, sehingga dapat memberikan hak pilihnya pada 27 November mendatang.

Baca Juga: KPU Sementara Sortir Logistik Pilkada

“Partai politik mempunyai peran penting dalam memberikan edukasi politik bagi masyarakat serta menyerap berbagai aspirasi dari masyarakat,” ujarnya.

Walikota menjelaskan, penyerahan bantuan keuangan kepada parpol sesuai dengan Undang-undang Nomor 2 tahun 2011, Peraturan Pemerintah Nomor 1 tahun 2018, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 78 tahun 2020.

“bantuan keuangan itu diharapkan dapat dipergunakan sesuai peruntukan serta dapat dipertanggungjawabkan,” tandasnya.(S-29)