AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikot Ambon Bodewin Wattimena bersama pimpinan dan sejumlah anggota DPRD Kota Ambon, Rabu (13/7), meninjau sejumlah lokasi terdampak bencana banjir dan longsor.

Daerah-daerah dampak bencana yang ditinjau di Kecamatan Sirimau diantaranya kawasan Skip, IAIN, dan Batu Merah. Dari peninjauan itu, didapti beberapa rumah warga yang tertimbun longsor maupun roboh diterjang banjir.

Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Rustam Latupono di sela-sela peninjauan itu mengatakan, daerah maupun korban yang terkena dampak dari bencana ini perlu ditangani secepatnya.

“Ini bisa dianggarkan melalui APBD yang tersedia saat ini, semoga dengan postur APBD yang ada, sebagian anggaran akan kita sisipkan untuk penangnan pasca bencana,” ujar Rustam.

Menurutnya, dalam struktur anggaran, ada bantuan belanja tidak terduga. Anggaran itu dapat dipakai Pemkot Ambon untuk penanganan korban bencana.

Baca Juga: Tethool: Kewenangan Penerbitan Ijin Perikanan Rugikan Maluku

“Untuk langkah daruratnya, kita pakai dulu APBD yang ada, nanti setelah ini kita rapat untuk menentukan berapa besar anggaran yang dibutuhkan,” janji dia.

Rustam mengaku, tinjauan ini merupakan bagian dari kepedulian pemerintah terhadap warganya. Setelah ini, DPRD bersama OPD terkait akan mengagendakan rapat lanjutan untuk melakukan penanganan.

“Nanti akan ada pemetaan wilayah mana saja yang harus ditangani secara cepat dan berkelanjutan, seperti di kawasan IAIN, itu harus ditangani cepat, karena dikuatirkan longsor semakin parah,” tutur Rustam.

Sementara itu pantauan Siwalimanews di kawasan Skip, beberapa rumah warga tertimpa longsor, bahkan ada satu unit rumah yang ambruk dan hanya tersisa sekitar 40 persen dari keseluruhan bangunan yang masih utuh.

Sama halnya di kawasan IAIN yang juga mengalami longsor dan sejumlah pohon juga terlihat terancam tumbang lantaran akar penahannya mulai nampak keluar tanah bahkan sudah bergoyang. (S-25)