AMBON, Siwalimanews – Empat Wakil Rektor Universitas Pattimura resmi berganti dibawa kepemimpinan  rektor Fredy Leiwakabessy.

Mereka masing-masing Dominggus Malle selaku Wakil Rektor Bidang Akademik. Dirinya menggantikan Joseph Pagaya yang selama ini menjabat sebagai penjabat sementara.

Kemudian Pieter Kakisina, selaku Warek Bidang Umum dan Keuangan menggantikan pejabat sebelumnya Jantje Tjiptabudy. Nur Aida Kubangun, selaku Warek Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menggantikan J Madubun dan Ruslan HS Tawari sebagai Warek Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi menggantikan Muspida Warek.

Pergantian itu dilakukan secara musyawarah untuk mufakat oleh Senat Unpatti dalam rapat senat yang dipimpin oleh Ketua Senat, S.E.M. Nirahua, yang berlangsung di ruang rapat Senat Lantai IV, Jumat (26/1).

Nirahua dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Sabtu (27/1) mengaku menjelaskan warek yang terpilih periode 2024-2028 akan dilantik pada Februari nanti.

Periode 2024-2028 dan selanjutnya ke empat Warek akan dilantik pada awal Februari 2024 mendatang,”ujarnya.

“Penetapan pemberian pertimbangan kepada Warek oleh Senat telah berjalan dengan baik, demokrasi dengan mekanisme musyawarah untuk mufakat,” terangnya.

Ia menjelaskan sesuai visi dan misi ada 4 arah kebijakan yang ditempuh yakni untuk menjadikan Unpatti memiliki daya saing dan keunggulan, menjadikan Unpatti sebagai universitas yang bereputasi internasional.

Kemudian meningkatkan kesejahteraan dalam arti yang luas, yakni bagaimana Unpatti terlibat dalam membangun desa, kabupaten kota, provinsi dan sampai ke pusat dan menjadikan Unpatti sebagai arahan tata kelola manajemen, akademik, maupun lingkungan.

“Kita harapkan kedepan, para Warek dapat bekerja bersama-sama,” pesannya.

Karakter kerja keras, tuntas dan cepat secara kerja yang baik menurutnya akan menjadikan Unpatti menuju world class university.

“Terima kasih kepada para Warek periode 2017-2024 yang telah menjalankan tugas,” ucapnya. (S-25)