AMBON, Siwalimanews – Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno meminta kepada bupati dan walikota untuk segera mendefinitifkan pejabat sementara baik raja maupun kepala desa di seluruh Maluku.

Cukup banyak penjabat sementara baik raja maupun kades di Maluku padahal Maluku butuh pembangunan yang dilakukan secara bersama-sama.

“Jadi saya minta kepada para bupati, jangan terlalu lama menempatkan pejabat segera didefinitifkan agar pembangunan bisa berjalan,” ujar wagub pada acara pengukuhan Raja Alang Oktovianus Edward Patty, di Baileo Latu Sulisiwa Hina Alane, Selasa (20/10).

Menurutnya, untuk membangun Maluku dibutuhkan kerja sama dari atas sampai ke bawah.

“Maluku ini kan negeri raja-raja, makanya salah satu indikator pembangunan di seluruh wilayah membutuhkan seorang pemimpin definitif,” ingat wagub.

Baca Juga: Bupati Janji Tindak Lanjuti Pelanggaran Camat Kepala Madan

Sementara itu kepada Raja Alang yang baru dikukuhkan, mantan bupati MBD ini berpesan agar tugas dan tanggung jawab yang diberikan harus dilaksanakan dengan baik.

“Pemerintah provinsi berharap dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab hendaknya menjaga norma-norma agama dan nilai budaya dan sebagai modal sosial dalam memimpin dan membangun kehidupan bermasyarakat yang bermartabat,” pinta wagub.

Dikatakan, sebagai raja yang baru beban tugas yang diemban saudara tentulah sangat berat apalagi dinamika dan tantangan pembinaan masyarakat diera milenial makin kompleks.

“Atas nama Pemprov Maluku kami memberikan apresiasi kepada bupati dan wakil malteng yang telah melantik Raja Alang yang baru dan kedepan itu seorang pejabat jangan terlalu lama menjabat, harus dilantik yang devinitif,” ujarnya. (S-39)