AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka peringatan HUT TNI ke-75, maka TNI dan Polri bersama Basarnas serta ASN dilingkup Pemkot Ambon bersama masyarakat membersihkan pantai Desa Hative Kecil dan sekitarnya,  Jumat (25/9).

Danlantamal IX Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono dalam arahennya sebelum kegiatan menjelaskan, sesuai dengan tema HUT TNI ke-75 tahun ini, Sinergi Untuk Negeri, yaitu bagaimana pemerintah maupun masyarakat membangun dan menjaga negeri yang dicintai bersama.

“Maluku khususnya Ambon identik dengan wisata bahari laut, sehingga kita harus jaga kebersihan dan keindahan laut. Hal ini sangat tergantung dari bagaimana kita berperilaku hidup di darat. Oleh karena itu kegiatan bersih pantai berarti kita perangi semua jenis sampah, tidak hanya di darat, tetapi juga di laut untuk itu saya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini, karena dapat mewujudkan kebersihan dan keindahan lingkungan khususnya di Teluk Ambon,” ujar Danlantamal.

Pangdam XVI/ Pattimura disel-sela kunjungan lapangan, Mayjen TNI Agus Rohman menyebutkan, aksi bersih pantai dan laut juga menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menjaga kebersihan dan mencegah pencemaran yang lebih luas.

Hal itu sangat diperlukan karena tidak mungkin mengandalkan petugas dan aparat pemda yang sangat minim.

Baca Juga: Brimob Maluku Gelar Apel Kesiapan Peralatan dan Perlengkapan

“Kegiatan ini dipilih waktu pagi hari. karena dengan terpaan Sinar matahari akan membawa manfaat yang sangat bagus untuk tubuh kita. Sinar matahari  juga akan memperkuat sistem imunitas tubuh. Dengan tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 Semoga apa yang kita laksanakan bersama ini bisa membawa manfaat untuk kebaikan bersama,” ujar Pangdam.

Ikut serta dalam kegiatan itu, Kabakamla Zona Maritim Timur, Danrem 151 Binaiya, Danlanud Pattimura, Wadan Lantamal IX, Para Asisten DanLantamal, Dansat Brimob, serta para pejabat di lingkup Pemkot Ambon, Rektor Universitas Terbuka, Ketua Sinode GPM, Raja Halong, Raja Galala dan Raja Hative Kecil. (S-21)