AMBON, Siwalimanews – Prestasi terbaik Maluku di Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-XI ketika menjadi tuan rumah dengan keluar sebagai juara umum tahun 2016.

Di dua tahun berikutnya, yakni tahun 2018, juara umum Pesparawi tingkat Nasional ke-XII direbut oleh kontingen Papua, kala itu berlangsung di Kota Pontianak.

Penyelenggaraan ini sempat tertunda selama 3 tahun akibat pendemi Covid-19 dan baru akan digelar Pesparawi ke XIII di Jogjakarta sebagai tuan rumah yang akan berlangusng pada 19-26 Juni.

Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nat­haniel Orno menyampaikan keyakinannya, kontingen Maluku yang akan mengikuti ajang Pesparawi tingkat Nasional ke-XIII mampu meraih prestasi terbaik.

“Melihat potensi yang dimiliki, saya percaya bahwa saudara-saudara akan mampu mewujudkan kerinduan bersama masyarakat Maluku agar kita berjaya di ajang bergengsi ini,” kata Wagub optimis saat menjamu makan malam kontingen Pesparawi Maluku.

Baca Juga: BNPP Pantau 222 Lokasi Prioritas Kawasan Perbatasan

Wagub juga menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi Provinsi Maluku dan peserta Pesparawi yang berkenan menghadiri jamuan makan malam saat ini.

Kepada para peserta, mantan bupati MBD menyampaikan beberapa pesan kepada kontingen maupun para pelatih yang akan mewakili Maluku.

Pertama, kepada para peserta, latihlah diri anda dengan lebih berdisiplin. Manfaatkan waktu yang ada secara optimal. Ikuti secara konsekuen semua arahan, nasihat, petunjuk yang diberikan oleh pelatih ataupun mereka yang memiliki kompetensi untuk hal tersebut dan paculah terus kemampuan diri untuk memuji dan membesarkan nama Tuhan.

Kedua, kepada para pelatih, diharapkan untuk dapat memberikan perhatian serius dalam menangani anak-anak latih mereka.

“Tempalah mereka dengan ketekunan dan kesabaran, serta rasa kasih yang tulus. Keberhasilan dan kesuksesan mereka akan banyak bergantung pada pengorbanan saudara-saudara. Pandanglah mereka sebagai satu kesatuan utuh dalam satu tim yang padu dan harmonis,” harapnya.

Ketiga, saya menitipkan sebuah harapan kepada tim Pesparawi Maluku yang nantinya akan bertanding, harus berjuang untuk meraih prest asi yang terbaik dengan potensi yang dimiliki.

Keempat, pada akhirnya tak lupa, dirinya meminta dukungan dari pengurus Lembaga Pengembangan Pesparawi untuk mendukung sepenuhnya upaya pemerintah dalam mewujudkan visi pembangunan Maluku. (S-09)