AMBON, Siwalimanews – Febry Calvin Tetelepta Aatau yang akbrab dipanggil FCT resmi mendaftar di Partai Nasdem Maluku, Selasa (7/5).

FCT diantar puluhan tim dan pendukungnya diiringi musik hadrat, tiba di Sekretariat Nasdem, pukul 17.12 WIT dan diterima tim penjaringan dan pengurus DPW Nasdem Maluku.

Usai penyerahan berkas pendaftaran dan dinyatakan lengkap, FCT dalam keterangan persnya menyampaikan, bahwa dirinya tidak pernah main-main dalam proses ini. Hal itu ditunjukan dengan langkahnya hari ini untuk mengembalikan sekaligus dengan resmi mendaftar di Nasdem.

“Saya tidak main-main dengan proses ini. Dengan itu saya kembali untuk mengembalikan dan mendaftar,” ujarnya saat menyerahkan berkas pendaftaran.

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan itu juga menyampaikan beberapa konsep perubahan bagi Maluku, yaitu membangun sumber daya manusia dan sumber daya alam yang bagus, mengingat Indeks Pembangunan Manusia di Maluku lima tahun terakhir sangat rendah. Maka itu, dirinya mengambil tema perubahan dalam pembangunan Maluku lima tahun mendatang.

Baca Juga: ADD 2023 Belum Cair, Ini Penjelasan Pemkot

“Perubahan adalah restorasi. 5 tahun terakhir ini, saya merasa bahwa IPM kita menurun. Maka itu saya mengambil tema perubahan dan kita tercepat untuk pembangunan sumber daya manusia,” ujarnya.

Selain itu, soal kemiskinan Maluku, dimana bicara kemiskinan Maluku ini terjadi secara struktural. Hal ini akibat dari Maluku yang terjebak dengan keterbatasan pada aktivitas dan transportasi.

“Kita terjebak dengan kepulauan dan membuat kita tidak tersentuh secara merata, sehingga kita harus membangun itu secara terintegrasi,” tuturnya.

Selain itu soal pembangunan ekonomi yang masih sedikit, padahal sumber daya yang cukup melimpah. Oleh karena itu, harus dilakukan perubahan terhadap kebijakan pembangunan lima tahun terakhir ini. Kemudian pembangunan berbasis ekosistem laut, sebagaimana diketahui, bahwa  Maluku punya banyak potensi itu.

“Untuk menyiapkan itu semua, kita tidak bisa bekerja sendiri, kita harus bekerjasama. Artinya Gubernur tidak bisa berjalan sendiri, DPRD, walikota kita tidak boleh jalan sendiri, kita harus seirama membangun Maluku.

Ditempat yang sama, Ketua DPW Nasdem Maluku Hamdani Laturua memberikan jaminan bagi FCT dengan mengatakan, bahwa dalam pleno 13 Mei 2024 nanti, nama FCT akan menjadi prioritas.

Dia bahkan mengatakan, bahwa nama FCT juga akan dikirim ke DPP Nasdem di Jakarta pada 15 Mei 2024 nanti.

“Konsep perubahan yang diusung pa FCT itu sama dengan konsep Nasdem. Untuk itu dalam pleno nanti, kita akan membahas beliau dan nama beliau akan dikirim ke DPP untuk proses selanjutnya,” janji Hmadani.

Diketahui, FCT telah melakukan pengembalian formulir pendaftaran sekaligus dengan reami mendaftar sebagai Bacagub Maluku di PDI Perjuangan, Perindo, PKB, Hanura dan Nasdem, bahkan direncanakan juga besok, FCT mendaftar ke PPP.(S-25)