AMBON, Siwalimanews – Paskah bagi umat Kristiani yang ditandai dengan kebangkitan Yesus Kristus, menjadi tanda atau kemenangan atas dosa umat manusia.

“Karena itu, jangan pernah meninggalkan iman akan Yesus. Yesus adalah kebangkitan dan hidup dan tidak seorang pun yang datang kepada Bapak kalau tidak melalui Aku,” kata Uskup Amboina Mgr. Seno Inno Ngutra saat memimpin misa Vigili Paskah di Gereja Katedral Santo Fransiskus Xaverius, Sabtu (8/4) malam.

Menurut percaya akan Yesus adalah sebuah yang pasti, olehnya jangan percaya dengan yang tidak pasti.

“Yesus adalah kepastian. Aku adalah pintu kesurga itu, maka bersukacitalah, karena kamu orang Kristen, karena punya Tuhan Yesus,” kata Uskup.

Dalam misa itu yang mulia, juga berpesan bahwa sebagai orang Katolik, jangan pernah sekali-sekali meninggalkan iman akan Yesus.

Baca Juga: Rumah Warga Amantelu Dilahap Si Jago Merah

Olehnya ia mengajak semua umat untuk mewartakan kabar sukacita akan kebangkitan Kristus.

“Kebangkitan harus kita maknai dalam kehidupan sehari-hari dengan hidup yang jujur dan setia sampai selamanya,” pesannya.

Penuh Semarak

Sementara itu, jemaat GPM Masohi Klasis GPM Masohi juga merayakan Paskah Kristus yang di pusatkan di Lapangan Nusantara Masohi, Minggu (8/4)

Bupati Maluku Tengah Muhamat Marasabessy dalam sambutan mengaku atas nama pemerintah dan masyarakat, ia menyambut dengan gembira kepada keluarga besar jemaat GPM yang telah menggelar perayaan Paskah dengan penuh semarak dan berkesan.

“Kehadiran saya adalah bukti komitmen dan kepedulian pemerintah mendukung kegiatan masyarakat yang bersifat positif serta berdampak terhadap pembangunan manusia yang religius, berahklak dan berbudaya,” ujar bupati.

Dikatakan setiap tahun umat Kristiani merayakan Paskah sebagai momentum menghayati penderitaan, kematian dan kebangkitan Yesus.

Paskah menurutnya bermakna kemenangan dan harapan bagi umat Kristiani, ketika Tuhan yang di imani itu, berhasil mengalahkan maut dan bangkit kembali, setelah melalui penderitaan-Nya di kayu salib.

“Kebangkitan Tuhan Isa Almasih menunjukkan bahwa kehidupan manusia akan kekal, melampaui dosa dan maut. Barang siapa yang percaya kepada-Nya pun akan memperoleh hidup yang kekal,” tandasnya.

Karenanya bupati berharap momen Paskah dapat mendorong persahabatan, persatuan dan kesatuan antar semua anak bangsa untuk terus membantu pemerintah membangun Malteng yang aman damai dan berkeadilan.(S-17)