AMBON, Siwalimanews – Menuju world class university, Universitas Pattimura terus menunjukan eksistensinya dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menunjang pencapaian IKU dan reputasi akademik, serta peningkatan sumberdaya melalui berbagai kerja sama.

Kali ini, Unpatti menyelenggarakan sosialisasi beasiswa S2 unggulan LPDP ke Central South University bagi mahasiswa Unpatti, yang berlangsung di Aula lt. 2 Rektorat Unpatti, Kamis (6/6) pekan kemarin.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerja sama dan Sistim Informasi, Ruslan H Tawari menjelaskan, kegiatan yang digagas oleh International Office Universitas Pattimura ini untuk menyampaikan terkait beasiswa unggulan S2 bagi mahasiswa Unpatti.

Ini merupakan program pendanaan kerja sama antara Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi Pemerintahan Republik Indonesia (Kemenkomarves ), Perusahaan Urban-Mining Tiongkok (GEM Co. LTD) dan Central South University (CSU).

“Program beasiswa ini disampaikan langsung oleh Wang Yaning selaku Direktur RnD Teknologi Ultra, GEM Shenzhen dan Viola Pongajow selaku Awardee Batch 2. Mereka telah menjelaskan terkait keunggulan dan manfaat beasiswa dumaksud,”ujarbya.

Baca Juga: HMI Desak Pemkab dan DPRD Tolak Program Tapera

Dikatakan, bahwa GEM Co. Ltd telah berkomitmen untuk turut mewujudkan mimpi Indonesia Emas dengan terlibat secara aktif dalam melatih dan mendidik sumber daya manusia di Indonesia. Dan di tahun ini, program beasiswa batch ke 4 diperluas kepada dua jurusan, yaitu jurusan Teknik Transportasi dan jurusan Ekonomi dan Perdagangan Internasional.

“Tujuan kedatangan tim program beasiswa dari Tiongkok Cina ini ingin mempromosikan program beasiswa pendanaan penuh yang merekrut mahasiswa-mahasiswi Unpatti pada fakultas Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Ekonomi Bisnis. Namun tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa dan alumni pada bidang ilmu lain yang juga ingin mendaftarkan diri,”ujarnya

Diketahui, fokus ilmu yang ditawarkan adalah S2 Teknik Metalurgi dan Material (New Energy Materials)-M.Eng, S2 Teknik Transportasi (Railway)–M.Eng, dan S2 Ekonomi dan Perdagangan International (For Non-Ferrous Metal) –M.S. Program beasiswa ini akan dilaksanakan selama 3 tahun untuk proses 1 tahun proses proses Perkuliahan, 1 tahun proses magang dan 1 tahun penelitian.

Dia berharap, ada mahasiswa Unpatti yang menjadi bagian dari program beasiswa ini.

“Kami merasa sangat terhormat menjadi salah satu universitas di bagian Indonesia Timur yang berkesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai kemungkinan kerja sama dan beasiswa S2 yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia dalam hal ini Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), GEM Co. LTD selaku Perusahan yang bergerak dalam bisnis daur ulang sampah elektronik dan juga Centeral South University,”tuturnya.

Menurutnya, program beasiswa ini sebagai upaya strategis untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumberdaya manusia, khususnya generasi muda di Indonesia sebagai langkah kongkrit dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045.

“Kami berharap melalui program ini, Universitas Pattimura dapat mengirim talenta-talenta muda untuk belajar di Central South University dan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan manejemen para peserta di bidang energi lewat beasiswa yang ditargetkan ini. Kami juga berharap program ini dapat memfasilitasi transfer teknologi dan pengetahuan dari China ke Indonesia, yang dapat diterapkan dalam industri energi baru di Indonesia,” harapnya.(S-25)