AMBON, Siwalimanews –  Universitas Kristen Indonesia Maluku kembali mewisudakan 251 lulusan sarjana yang digelar, Jumat (23/3) dan Sabtu (13/3).

Wisuda yang berlangsung dalam rapat terbuka luar biasa senat UKIM itu berlangsung dengan protokol ke­sehatan yang ketat itu yang dipu­satkan di Gedung Christiani Center.

251 sarjana yang diwisudakan, tersebut berasal dari Fakultas Teo­logi sebanyak 59 wisudawan, Fakul­tas Ekonomi 40 wisudawan, Fakul­tas Teknik 22 wisudawan, Fakultas Keperawatan 115 wisudawan dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 11 wisudawan.

Sementara pada program pasca sarjana terdapat 3 wisudawan serta untuk program Diploma tiga (D3) pada Fakultas Ekonomi prodi  keuangan dan perbankan, sebanyak 3 wisudawan.

Lulusan tahun ini juga UKIM melahirkan sejumlah mahasiswa dengan prestasi terbaik dari masing-masing fakultas sebanyak 37 orang, yang terdirid ari, Fakultas Teologi 7 orang, fakultas Ekonomi 6 orang, Fisip 4 orang dan Fakultas Kepera­watan 20 orang.

Rektor UKIM Jafet Damamain dalam sambutannya mengatakan, akibat pendemi Covid-19, serta untuk me­nghindari peningkatan penyebaran ditengah warga Kota Ambon, bahkan memunculkan klaster baru, maka UKIM menggelar rapat senat terbuka luar biasa sebanyak dua kali.

“Dalam rangka memotong tingkat penyebaran Covid-19, rapat senat terbuka luar biasa UKIM, dibuat menjadi dua kelompok, dimana kelompok pertama diikuti 127 wisudawan dan di hari kedua diikuti 121 wisudawan,” ujar Rektor.

Ia berharap, melalui ilmu yang diterima 251 sarjana yang diwisu­dakan ini, kiranya dapat dikembang­kan untuk kepentingan masyarakat kedepan serta membangun Maluku sesuai dengan kualitas Ilmu yang dimiliki, sesuai dengan semboyan UKIM datang belajar dan pergi mengabdi.

Harapan yang sama pun dige­lontorkan, Ketua MPH Sinode GPM, Elifas Maspaitella, yang berharap ilmu yang dimiliki para wisudawan ini dapat implementasikan untuk mensejahterakan seluruh masya­rakat, dan warga Jemaat GPM. “Un­tuk para wisudawan sudah pasti saya ajak saudara-saudara untuk melayani hidup berjemaat dan  mas­yarakat de­ngan gelar yang sudah diperoleh, pada sejumlah profesi yang nantinya akan dikembangkan,” harap Maspaitella.

Untuk diketahui, rapat senat ter­buka luar biasa UKIM dihadiri oleh Seluruh civitas akademika, Ketua MPH Sinode GPM, Elifas Maspaitella, Sekretaris LLDikti wilayah XII Maluku dan Maluku Utara, Yance Lekatompessy. (S-52)