AMBON, Siwalimanews – PT Trans Nusa Aviation Mandiri (TransNusa) yang merupakan maskapai penerbangan domestik terkemuka di Indonesia, melakukan penerbangan perdana dengan rute Ambon-Manado, pada Jumat (5/4).

Penerbangan perdana itu ditandai dengan acara inaugural flight di Gate 1 Bandara Internasional Pattimura Ambon yang dihadiri Aviation Group CEO TransNusa, Dato’ Bernard Francis, General Manager PT. Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura, Shively Sanssouci, Gubernur Maluku Murad lsmail, Sekda Maluku, Sadalie le, Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, dan sejumlah pejabat lainnya.

Penerbangan perdana pesawat dengan nomor penerbangan 8B-215 yang membawa sekitar 82 penumpang dewasa itu diresmikan oleh Gubernur Maluku yang ditandai dengan pemukulan tifa dan pengguntingan pita yang berlangsung di Ruang Tunggu Gate 1.

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Udara Internasional Pattimura Ambon, Shively Sansscouci dalam sambutannya mengatakan, dengan penambahan penerbangan TransNusa ini,  maka memberikan ragam pilihan transportasi udara melalui Bandara Pattimura.

“Khususnya untuk rute Ambon-Manado ini, telah menghubungkan secara langsung Kota Ambon dengan Kota Manado, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan parawisata di Maluku dan juga para pembisnis ke Ambon,” harapnya.

Baca Juga: Ketua DPRD Ancam Jemput Paksa Pimpinan OPD

Sementara itu, Aviation Group CEO TransNusa, Dato’ Bernard Francis juga mengaku, selain penerbangan Ambon-Manado hari ini, akan ada juga penerbangan pada tanggal 18 April dengan rute Ambon-Sorong dan Timika.

“Kita juga telah melakukan penerbangan Bali-Manado untuk 3 kali seminggu. Dan ada juga permintaan penerbangan Bali-Ambon, untuk itu akan kita usahakan,” ujarnya.

Ditambahkan,  penerbangan ini juga akan memberikan peluang bagi pelanggan dari Jakarta dan Bali, untuk bisa berkunjung ke Manado maupun Ambon.

Gubernur Maluku, Murad Ismail disela-sela peresmian penerbangan perdana itu menyampaikan terima kasih atas dibukanya rute baru oleh PT. TransNusa.

Menurutnya, ini sebagai bentuk dukungan kepada Pemda Maluku, dalam mendorong peningkatan perekonomian dan pengembangan destinasi wisata di wilayah Indonesia Timur, khususnya di Provinsi Maluku.

“Saya berharap dengan kehadiran maskapai ini, semakin memperbanyak pilihan masyarakat dalam menggunakan angkutan udara saat melakukan perjalanan,”harapnya.

Diketahui, pendaratan perdana pesawat TransNusa, yang dipiloti Capt. Rommi Daisal Tammam, disambut tradisi water salute.

Selanjutnya, Gubernur dan rombongan menyambut kedatangan para cruw dan penumpang sekaligus melihat langsung pesawat tersebut.(S-25)