PIRU, Siwalimanews – Dominggus Touwely resmi dilantik sebagai anggota DPRD Sram Bagian Barat menggantikan almarhum Boby Gunawan Tianotak yang meninggal dunia.

Pelantikan dan pengambilan sumpah pengganti anggota antara waktu itu, dipusatkan di ruang siding utama gedung DPRD SBB, Kamis (18/1)

Ketua DPRD SBB Abd Rasyid Lisaholith pada kesempatan itu mengatakan, paripurna pada hari ini dalam rangka mengucapakan sumpah PAW anggota DPRD sisa masa jabatan 2019-2024.

“PAW hari ini sebagai akibat dari beberapa waktu lalu telah dipanggil pulang salah satu anggota DPRD SBB atas nama almarhum Boby Gunawan Tianotak pada tanggal 14 September 2023 dari Partai Hanura. Oleh sebab itu, PAW merupakan satu proses politik yang harus dilaksanakan sebagai upaya memenuhi kelengkapan,” ujar Lisaholith.

Pelantikan hari ini kata Lisaholit, berdasarkan SK Gubernur Maluku Nomor: 2330 tahun 2023 tentang Pengresmian Pengangkatan PAW Anggota DPRD SBB sisa masa jabatan 2019-2024, maka sesuai dengan ketentuan tata tertib DPRD sebelum melaksanakan tugas dan tanggung jawab harus melalui mekanisme pelantikan.

Baca Juga: Jacob Ubyaan Jabat Sekda Aru

“Kita telah mengikuti dan menyaksikan prosesi pengucapan sumpah PAW pergantian anggota DPRD dari Partai Hanura yakni saudara Touwely, maka sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku saudara  menjabat sebagai anggota DPRD. Untuk itu atas nama pimpinan dan anggota DPRD kami ucapkan selamat datang di lembaga yang terhormat ini dan selamat bertugas semoga saudara dapat menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Penjabat Bupati SBB Andi Chandra As’aduddin dalam sambutanya mengatakan, dengan PAW saudara Touwely bisa dapat melanjutkan pengabdian tepada masyarakat yang baik sebagai perpanjangan tangan dari almarhum Tianotak.

“Untuk itu saya percaya bahwa saudara adalah kader yang diusulkan untuk mewakili masyarakat di DPRD, dan pastinya memiliki kompeten. Maka dengan itu daerah ini menyambut baik PAW, karena ini merupakan amanah dari aturan dan ini sebagai tanda bahwa kehidupan demokrasi dan penerapan aturan dalam berpolitik pada DPRD berjalan sesuai dengan koridor yang telah ditentukan, dan perlu kita sadari bersama bahwa amanah yang telah dititipkan kepada kita semua ini dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya guna membangun Kabupaten SBB lebih baik,” ucap bupati.

Bupati  berharap, kepada seluruh anggota DPRD untuk sama-sama bekerja dengan baik seperti yang telah dilakukan almarhum. Touwely juga diminta untuk senantiasa menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan sesama anggota dan dapat bersinergi dengan pemda guna mempercepat pembangunan demi kemajuan kabupaten ini. (S-18)