PIRU, Siwalimanews – Dominggus Touwely resmi dilantik sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat menggantikan almarhum Boby Gunawan Tianotak yang wafat, Sabtu 14 September 2023 lalu, Kamis (18/1).

Ketua DPRD SBB, Abdul Rasyid Lisaholith saat membuka pelantikan menyampaikan, paripurna pada hari ini dalam rangka mengucapakan sumpah PAW anggota DPRD sisa masa jabatan 2019-2024.

“PAW hari ini sebagai akibat dari beberapa waktu lalu telah dipanggil pulang salah satu anggota DPRD SBB atas nama almarhum Boby Gunawan Tianotak pada tanggal 14 September 2023 dari Partai Hanura. Oleh sebab itu, PAW merupakan satu proses politik yang harus dilaksanakan sebagai upaya memenuhi kelengkapan,” ujar Lisaholith.

Dikatakan, pelantikan hari ini berdasarkan SK Gubernur Maluku Nomor: 2330 Tahun 2023 tentang pengresmian pengangkatan PAW anggota DPRD SBB sisa masa jabatan 2019-2024. Maka sesuai dengan ketentuan tata tertib DPRD sebelum melaksanakan tugas dan tanggung jawab harus melalui mekanisme pelantikan.

“Kita telah mengikuti dan menyaksikan prosesi pengucapan sumpah PAW pergantian anggota DPRD dari Partai Hanura yakni saudara Touwely, maka sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku saudara  menjabat sebagai anggota DPRD. Untuk itu atas nama pimpinan dan anggota DPRD kami ucapkan selamat datang di lembaga yang terhormat ini dan selamat bertugas dan semoga saudara dapat menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat de­-ngan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Baca Juga: Anies Janji Putra Maluku Jadi Menteri

Lanjut Lisaholith, dengan pengucapan sumpah oleh Touwely bukan hanya sekedar memenuhi persyaratan formal, tetapi sebagaimana yang tersurat dan tersirat dalam setiap kata dan kalimat yang diikrarkan mengandung makna yang sangat dalam serta tanggung jawab pengabdian yang tinggi untuk mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Saka Mese Nusa. Oleh sebab itu, kepada saudara yang baru saja dilantik tentunya perlu segera menyesuaikan diri mempelajari berbagai ketentuan yang menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas dan fungsi dewan.

“Saudara Touwely harus laksanakan tugas demi rakyat, karena kita selaku DPRD wakili rakyat dan memiliki harapan yang sangat tinggi kepada wakil-wakilnya untuk memperjuangkan setiap aspirasi mereka, sehingga ketika kita memaknai setiap ucapan sumpah yang disampaikan maka keberpihakan kita kepada kepentingan masyarakat bangsa dan negara akan senantiasa mewarnai setiap langkah kita ke depan,” pinta Lisaholith.

Ditambahkan, PAW anggota DPRD merupakan bagian dari dari dinamika keanggotaan kelembagaan dewan yang dapat menjadi kapan saja untuk itu yang lebih penting adalah kebe­-radaan anggota DPRD. Maka itu diharapkan mampu mendorong berbagai pembangunan yang akan dilakukan oleh pemerintah, mengingat tantangan yang dihadapi ke depan dihadapi oleh DPRD sebagai lembaga maupun anggota dewan akan semakin berat yang membutuhkan adanya kepedulian pada setiap pelaksa­naan tugas dan tanggung jawab.

Lebih dari pada itu setiap anggota dewan harus menjadi contoh dan teladan bagi rakyat dan masyarakat yang diwakilinya, ungkap Lisaholith.  Melalui momentum PAW ini Ketua DPRD mengajak seluruh anggota DPRD untuk senantiasa meningkatkan fungsi dan peran demi meningkatkan kesejahte­raan seluruh masyarakat.

Selain itu Pejabat Bupati Andi Chandra As’aduddin dalam sambutanya mengatakan, dengan PAW saudara Touwely bisa dapat melanjutkan pengabdian tepada masyarakat yang baik perpanjangan tangan dari almarhum Tianotak.

“Saya percaya bahwa saudara juga bukan kader-kader yang diusulkan untuk mewakili masyarakat di DPRD, dan pastinya kader yang kompeten. Olehnya, daerah ini menyambut baik pergantian antar waktu karena ini merupakan amanah dari aturan dan ini sebagai tanda bahwa kehidupan demokrasi dan penerapan aturan dalam berpolitik pada DPRD berjalan sesuai dengan koridor yang telah ditentukan, dan perlu kita sadar bersama bahwa amanah yang telah dititipkan kepada kita semua ini dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya guna membangun Bumi Saka Mese Nusa yang lebih baik,” harap Bupati.

As’aduddin berharap, kepada seluruh DPRD untuk sama-sama bekerja dengan baik seperti yang telah dilakukan almarhum. Sebabnya itu Bupati kepada saudara Touwely untuk senantiasa menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan sesama anggota Dewan dan dapat bersinergi dengan peme­rintah daerah guna mempercepat pembangunan demi kemajuan kabupaten. (S-18)