TIAKUR, Siwalimanews – Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya akan menerapkan program perencanaan berbasis data di tingkat Sekolah Dasar.

Tata kelolah pendidikan di jenjang sekolah dasar akan menunjukan pada sebuah kegiatan yang tertib, terbuka dan akuntabel dalam suatu ruang tertentu.

Wakil Bupati, Agustinus Kilikily dalam mengatakan perencanaan berbasis data akan diterapkan di semua sekolah dasar di MBD.

“Setiap kepala sekolah beserta jenjang dibawanya diharapkan mampu mengatur dan selalu bijaksana mengelolah manajemen sekolahnya dengan baik,” pintanya.

Hal ini perlu dilakukan untuk menjawab seluruh persoalan pendidikan yang begitu banyak dan kompleks di era sekarang ini.

Baca Juga: Kasdam: Mahasiswa  Menjadi Contoh Dalam Ucapan & Tindakan

Ia mengaku selam ini dirinya, bupati serta seluruh ASN terus berlari maju tanpa kenal lelah demi membangun dan terus berkarya di bumi Kalwedo tercinta ini, termasuk kegiatan bidang pendidikan.

“Program ini sangatlah dibutuhkan oleh sekolah, para bendahara dan operator sekolah dalam mengelolah manajemen pendidikan,” tegasnya.

Dijelaskan ada 155 SD di MBD pada bulan Oktober nanti akan dilakukan penilaian atau assesmen. “Ini akan terlihat grafik capaian dalam nilai raport pendidikan yang akan menunjukan secara detail kelemahan dan kekuatan setiap satuan pendidikan di MBD,” tandasnya.

Wabup juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para narasumber yang dengan rela meninggalkan seluruh kesibukan mereka untuk hadir di bumi kalwedo.

“Jadi semua perserta harus mengikuti seluruh tahapan kegiatan ini dengan baik, mulai hari ini sampai dengan selesai,” harapnya.(Mg-2)