AMBON, Siwalimanews – Sempat dikabarkan hilang di perairan Kabupaten Maluku Tenggara, kapal bermuatan 7 penumpang berhasil ditemukan dan dievakuasi oleh Tim SAR Tual, Senin (5/7).

Tak butuh waktu lama, pasca mendapat laporan tim langsung dikerahkan untuk melakukan pencarian dengan menggunakan KN SAR Bharata. Alhasil Tim SAR Gabungan berhasil menemukan kapal tersebut dengan tujuh orang didalamnya dalam keadaan selamat.

Kapal tersebut ditemukan di antara Perairan Kei Besar dan Kota Tual. Seluruh korban langsung dievakuasi menuju Kota Tual dan bersandar di pelabuhan PSDKP Tual.

“Kapal tersebut berhasil di temukan pada koordinat 5°33,347′ S – 134°45,436′ E di antara Perairan Kei Besar dan Kota Tual. Seluruh korban berhasil dievakuasi dengan selamat dan langsung diserahkan kepada pihak keluarga,” jelas Kepala Kantor SAR Ambon Mustari dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa (6/7).

Ketujuh penumpang yang selamat masing masing, Menas Rahayaan (27), Otis Tayanan (31), Abe Tayanan (22), Stevi Tayanan (31), Radid  Tayanan (4), Jastin Tayanan (8) dan Nataniel Tayanan (52).

Baca Juga: Unpatti Gelar Seminar Nasional Archipelgo Engineering

Untuk diketahui, pencarian kapal hilang tersebut dilakukan berdasarkan laporan salah satu keluarga dari penumpang kapal. Kapal tersebut berangkat dari desa Waer kecamatan Kei Besar hendak menuju Kota Tual, Senin (5/7) malam.

Dalam perjalanan kapal dihantam gelombang yang mengakibatkan kapal tersebut alami mati mesin secara total. (S-45)