PIRU, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Barat Moh Yasin Payapo minta kepada seluruh kepela sekolah untuk meningkatkan mutu pendidkan di sekolah masing-masing.

Permintaan ini disampaikan Bupati saat melantik sejumlah kepala sekolah tingkat sekolah dasar yang berlangsung di UPTD Pendidikan Seram Barat, Selasa (6/7).

Menurutnya, jika sekolah miliki mutu pendidikan yang berkualitas, maka kurikulum juga harus diterapkan dengan benar, untuk itu setiap guru juga harus meningkatkan kemampuannya agar lebih berkualitas juga.

“Untuk itu para kepsek saya harapkan agar bekerja dengan sebaik- baiknya untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan, sebab kinerja saudara akan dievaluasi setip tahun dan hasil penilaian kinerja menjadi bahan pemberhentian penugasan maupun perpanjangan masa tugas,” ujar Bupati.

Dijelaskan, manajemen ASN merupakan tidak lanjut dari UU ASN, sekaligus sebagai komitmen untuk, pengaturan manajemen melalui Peraturan Pemerintah yang bertujuan untuk menghasilkan ASN yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik dan praktek KKN, dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan publik serta tugas pemerintahan dan pembangunan.

Baca Juga: Alkatiri Nilai Pemda tak Tanggap Bencana

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini, merupakan bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

“Selaku pejabat pembina kepegawaian, saya punya kewenangan untuk menetapkan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian ASN dan pembinaan manajemen ASN di instansi pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Hal ini sekaligus menjelaskan bahwa proses pengambilan keputusan dalam pembinaan manajemen dan karier pegawai sepenuhnya mengacu pada peraturan yang berlaku,” tandas Bupati.

Pada kesmepatan itu juga, Bupati mengingatkan kepada para kepsek agar kantin sekolah tidak boleh dijaga oleh guru atau guru yang menjual dagangannya, sebab guru harus fokus dalam memberikan pelajaran kepada para siswanya demi meningkatkan kualitas mutu pendidikan.

“Saya pesan kepada pihak sekolah perlu dibentuk juga konsolin di sekolah, karena itu sangat penting untuk membina siswa di sekolah, sebab dengan pembinaana siswa mempunyai akhlak dan budi pekerti yang baik,” pesan Bupati. (S-48)