AMBON, Siwalimanews – Tiga petinju Maluku menang mu­dah atas lawan-lawannya da­lam babak penyisihan hari per­ta­ma gelaran Pra PON yang ber­langsung di Gedung Kie Raha Ternate, Provinsi Maluku Utara Jumat (20/9).

Dari empat petinju yang diturun­kan Pertina Maluku, hanya satu yang gagal lolos babak penyisihan yakni Ralin Lumoly. Ralin yang turun di kelas 60 Kg kalah angka dari pe­tinju asal Sulawesi Utara (Sulut) Orlandi Limaheluw.

Sementara tiga petinju yang lolos itu yakni Novi Sahuleka yang turun di kelas 52 kg berhasil mengatasi petinju Banten Ardi Wibowo dengan kemenangan mutlak. Kemudian Julius Lumoly yang turun di kelas 56 kg berhadapan dengan petinju asal Nusa Tenggara Barat (NTB) Hamdun, juga menang TKO di ronde ketiga. Satu petinju Maluku lainnya yang lolos yakni Buce Tibalimeten kelas 69 Kg mampu mengatasi la­wannya Defri Naumeo dari  Nusa Tenggara Timur (NTT).

Wakil Ketua Pertina Maluku, Ongky Nanulaitta kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Jumat (20/9) mengatakan, hari pertama ge­laran Pra PON Cabor tinju di Ternate, tiga petinju Maluku lolos ke babak berikutnya.

Menurut Nanulaitta, pertanding­an menarik terjadi di partai kelima yang mempertemukan, petinju asal Maluku, Novi Sahuleka turun di ke­las 52 kg menang mudah atas petin­ju asal Banten Ardi Wibowo dengan kemenangan angka mutlak. Semen­tara di partai ke dua belas, Julius Lumoly yang turun pada kelas 56 kg berhadapan dengan petinju asal Nusa Tenggara Barat (NTB) Ham­dun, juga menang TKO di ronde ke­tiga.

Baca Juga: Hari ini Dessy, Dilan dan Kennedy Bertanding

“Jadi kita bersyukur, tiga petinju Maluku lolos babak berikutnya,” ujar Nanulaita.

Sayangnya tambah Nanulaita, nasib berbeda dialami petinju Ralin Lumoli yang turun di kelas 60 Kg. Ralin harus mengakui keunggulan lawannya Oralndo Limaheluw asal Sulut.

“Kami berharap, para petinju lainnya mampu berbuat yang terbaik bagi Maluku,” pungkas Nanulaitta.(S-39)