AMBON, Siwalimanews – Terima penghargaan kepatuhan dari Ombudsmas Perwakilan Ma­luku, Walikota Richard Louhe­na­pessy, meminta seluruh Orga­nisasi Perangkat Daerah (OPD) tetap optimalkan kinerja.

Walikota dalam sambutannya mengapresiasi penghargaan yang diberikan Ombudsmen Perwakilan Maluku tersebut. Ia menuturkan, mempertahankan prestasi jauh lebih sulit daripada sekedar meraihnya.

Sehingga dirinya meminta selu­ruh OPD bersinergi dalam meng­optimalkan kinerja meski masih berada dalam pandemi Covid-19. “Seperti yang kita tahu bersama, meraih suatu prestasi itu jauh lebih mudah daripada mempertahan­kan. Kita 2018 lalu berhasil di tingkat nasional, dan meski 2020 ini tidak ada penilaian tingkat nasional tapi hal ini tidak lantas mengurangi semangat Pemkot Ambon dalam melayani masyara­kat. Dan kiranya 2021 kita bisa memberikan nilai yang jauh lebih baik dari 2018, dan ingat memper­ta­hankan jauh lebih sulit dari me­rebut,” kata walikota dalam rilis yang diterima Siwalima, Senin (21/12).

Penilaian Ombudsman terbagi atas 3 tingkatan yaitu zonasi merah untuk pemenuhan standart pela­yanan publik dengan penilaian yang buruk, zonasi kuning untuk penilaian yang cukup dan zonasi hijau untuk penilaian yang baik.

Diketahui, untuk hasil survey dan evaluasi yang dilakukan pihak Pemerintah Kota Ambon beker­ja sama dengan Ombudsman Perwakilan Maluku, tercatat ada 15 OPD yang meraih penghargaan untuk kategori pelayanan publik dan 3 OPD yang meraih penghar­gaan untuk kategori inovasi.

Baca Juga: Prajurit Kodam Pattimura Bergabung dengan Kontingen Garuda

15 OPD yang dimaksud antara lain, DPMPTSP, Dinas Perindus­trian dan Perdagangan, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pen­didikan, Dinas Pertanian, Perpus­takan, Dinas Perikanan, Bappeda­Litbang, BKPSDM, Bagian Organi­sasi, Bagian Kesra, Bagian TU Pimpinan, Kecamatan Sirimau, Kecamatan Teluk Ambon Baguala.

Dan 3 OPD peraih penghargaan inovasi antara lain, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian, Desa Hutumuri dan Desa Hunnuth. Semnetara itu, Kepala Ombusdman Perwakilan Maluku, Hasan Slamat dalam sambutannya memberikan pujian kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, meski berada di tengah pandemi Covid-19, tetap berupaya melakukan survey kepatuhan bersama Ombudsman Perwakilan Maluku terhadap Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka memastikan pemenuhan standar pelayanan publik bagi Kota Ambon.

“Kami dari pihak Ombudsman Perwakilan Maluku mengapre­siasi survey kepatuhan yang dilakukan di Pemkot Ambon, terlebih khusus beberapa OPD dalam lingkup Pemkot Ambon yang mendapat zonasi hijau. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa karena di 2018 Pemkot juga mendapat nilai tinggi bah­-kan di tingkat nasional, dan pencapaian sekarang ini adalah bukti bahwa Pemkot Ambon sangat serius dalam menjaga atau bahkan meningkatkan kinerja pelayanan publik,” ungkapnya.

Terhadap prestasi ini, dirinya mengakui telah melaporkan kepada Ombudsman RI dan berharap zona hijau yang diperoleh Pemerintah Kota Ambon dalam hal pemenuhan standart pelayanan publik dapat tetap dipertahankan ditahun mendatang. (Cr-6)