AMBON, Siwalimanews – Kota Ambon sampai dengan saat ini terus berbenah dalam pengelolaan sampah, salah satu yang dilakukan yakni dengan menggelar Desiminasi hasil sutdi dan pra musrennbang pengelolaan sampah yang digelar 16-18 Januari di The City Hotel.

Kegiatan yang merupakan kerjasama Pemerintah Kota dan CC Bio Indonesia yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan usulan dari masyarakat itu ditutup oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon, Alfredo Jansen Hehamahua, Rabu (18/1).

Kepada wartawan usai menutup kegiatan tersebut Hehamahua mengaku, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari seluruh kementrian terkait, termasuk Kemendagri, Bappenas, PUPR, dan Kementerian Lingkungan Hidup, ditambah narasumber dari Kota Ambon yang melibatkan OPD terkait.

“Hari ini, kegiatannya ditutup, pra musrenbangnya. Untuk itu nantinya bersama dengan grand moluccas, akan dilakukan pendampingan, bersama bank sampah. Semua komponen ada terlibat dalam kegiatan ini, dan Maret nanti, kita sudah ada dalam rencana kegiatan tahunan,” ujar Hehamahua.

Sebelumnya saat membuka kegiatan itu, Senin (16/1) Ririmasse mengaku, persoalan sampah menjadi isu global, sehingga  Kota Ambon terus berbenah ditengah semakin meningkatnya penduduk.

Baca Juga: Tim Penaggulangan Bencana KKT Gelar Rakor

Peningkatan jenis dan jumlah sampah saat ini di Kota Ambon juga dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya, peningkatan jumlah penduduk dari tahun ke tahun, perubahan pola konsumsi makanan, tingkat kesadaran dan partisipasi masyarakat yang masih rendah, sehingga hal ini menjadi PR bagi Pemerintah Kota Ambon untuk meningkatkan tingkat pengurangan sumbernya.

“Disisi lain, ketersediaan fasilitas juga masih menjadi kendala, sehingga sampai saat ini Pemerintah Kota Ambon masih terus berupaya untuk melakukan penanganan sampah di seluruh wilayah Kota Ambon,” ucap Ririmasse.(S-25)