AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette memastikan tahun ini, Dishub akan menerima Rp1,7 miliar untuk perbaikan seluruh ruas jalan yang ada di kawasan Terminal Mardika Ambon.

“Saya perlu jelaskan bahwa alokasi anggaran pada Dishub itu Rp1,7 miliar. Untuk itu, saat ini sudah mulai tahap perencanaan sementara berjalan,” ujar Sapulette kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (15/8).

Ia mengaku, proses pengaspalan nantinya, akan dilakukan bertahap dan pada malam hari, agar tidak menganggu aktivitas masyarakat, terutama pengoperasian angutan umum pada siang hari.

“Jadi proses pengaspalan nanti itu terjadi di malam hari, sehingga di siang hari itu, angkot tetap beroperasi,” ujarnya.

Sementara untuk lapak-lapak yang ada didalam kawasan terminal, kata Sapulette, akan ditertibkan terlebih dahulu.

Baca Juga: Puluhan UMKM akan Berpartisipasi di Ekraf Pesiar Foundation

“Untuk lapak kami juga akan minta  ditertibkan dulu,” katanya.

Pekerjaan ini kata Sapulette, tidak hanya untuk pengaspalan jalan, tetapi juga perbaikan drainase yang rusak. Untuk itu, pengaspalan akan dilakukan tidak sekaligus ditahun ini untuk seluruh kawasan terminal, namun secara bertahap, sebab akan dianggarkan juga di tahun 2024.

“Jadi bukan saja pengaspalan, drainase yang rusak juga hatus kita perbaiki karena pada kondisi saat hujan itu, terjadi genangan air di sana sini dalam kawasan itu, dan itu menganggu aktivitas dalam terminal, baik angkot maupun masyarakat. Jadi misalnya tahun ini kita kerja di terminal yang satu, 2024 baru selesaikan terminal satunya lagi. Jadi tahun ini tidak semua dikerjakan,” jelasnya.(S-25)