AMBON, Siwalimanews – Merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H, Gubernur Ma­luku Murad Ismail, mengajak mas­yarakat untuk memperkokoh per­saudaraan (ukhuwah Islamiyah).

Selain itu juga gubernur meng­ajak seluruh masyarakat untuk memahami dan memaknai hijrah sebagai teladan bagi kita dalam membangun kehidupan berbang­sa, khususnya di Maluku, untuk me­nuju masa depan yang lebih baik.

Hal ini dikatakan gubernur dalam sambutannya saat peringatan Tahun Baru Islam 1442 H, yang di­lakukan secara virtual di kediaman pribadinya, Jumat (21/8) malam.

Gubernur mengatakan, jika hu­bungan ini bisa diimplementasikan dengan baik, maka dia percaya mas­yarakat di negeri ini akan menjadi kuat, dan akan terhindar dari perpecahan yang bisa ber­ujung konflik.

Untuk itu, ia mengajak seluruh mas­yarakat Maluku untuk mela­kukan beberapa hal, sebagai ben­tuk refleksi yakni, pertama, ber­hijrah dari kurang iman dan taqwa menuju peningkatan kekuatan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Baca Juga: Warga Kesal Dana Gempa tak kunjung Dicairkan

Kedua, berhijrah dari kebodohan dan keterbelakangan menuju peng­utamaan pendidikan. Umat tidak akan pernah bangkit dan maju, jika tidak berhijrah kepada penguta­maan pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Ketiga, berhijrah dari perpe­ca­han menuju persatuan, yaitu umat harus sadar bahwa pertolongan Allah SWT akan datang jika ada per­satuan. “Perpecahan hanya akan melemahkan mereka yang ingin meraih kemajuan,” jelasnya.

Keempat, berhijrah dari malas menuju rajin dan menjadi pekerja keras, yaitu kemajuan yang diawali dengan niat, semangat dan kerja keras. “Tidak ada kemajuan dan kejayaan tanpa kerja keras,” ujarnya.

Dan terakhir, lanjutnya, ditengah wabah pandemi Covid-19 perlu mem­perkuat kesadaran hidup ber­sama sesama anak bangsa dengan senantiasa saling peduli, serta be­ker­jasama dan bersinergi dalam mem­berantas ancaman virus corona.

“Patuhi anjuran pemerintah de­ngan menerapkan protokol Kese­hatan. Jadikan momentum 1 Muha­ram sebagai upaya kita bersama untuk berhijrah dari kehidupan di masa pandemi Covid-19 menuju kehidupan normal,” ajaknya.

Hadiri pada kegiatan ini Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Watti­mura Forkopimda Maluku, pimpi­nan umat beragama di Maluku, Sekda Maluku, Kasrul Selang, Ka­kanwil Agama Maluku, Djalama­ludin Bugis serta para pimpinan OPD Provinsi Maluku. (S-39)