AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw memberikan apresiasi bagi Pemkot Ambon yang berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus Corona melalui pembagian masker.

Menurut, jika kebijakan pembagian masker tersebut dilakukan secara bertahap dari tingkat kecamatan, selanjutnya ke kelurahan dan rukun tetangga (RT), maka Pemkot perlu intens melakukan evaluasi, guna memastikan masker tersebut sampai ke tangan masyarakat.

“Kalaupun misalnya mekanisme pembagian dengan tingkatannya harus dari kecamatan, lurah dan seterusnya, maka proses yang harus dipastikan itu adalah tahapan untuk melakukan pengecekannya atau tahapan evaluasi,” katanya.

Dikatakan, evaluasi harus intens dilakukan Pemkot Ambon, dan tidak boleh dilakukan setelah satu minggu pembagian masker dilaku-kan. “Pengecekan di lapangan harus sampai pada tingkat RT, karena kita mengetahui bersama susunan kedudukan dalam peme-rintahan tingkatan yang paling bawah adalah RT,” paparnya.

Ia menyatakan, seharusnya dari pihak RT memastikan apakah warga pada wilayah tempat tinggalnya sudah mendapatkan masker yang diberikan oleh Pemkot Ambon ataukah belum, sehingga bisa berkoordinasi.

Baca Juga: Lima Mahasiswa Buru akan Jalani Pemeriksaan Sweb

Evaluasi itu, kata Laturiuw, untuk memastikan apakah langkah pembagian masker yang dilakukan Pemkot Ambon itu sudah menyentuh ke masyarakat atukah belum.

Ia menambahkan, jika ada masyarakat yang belum memperoleh masker, maka harusnya ada corong agar dapat disampaikan juga ke Pemkot.

“Untuk pola komunikasi tingkatan RT,dan kepala desa serta camat tak boleh terputus sehingga dapat disampaikan kepada pemerintah kota,”pungkasnya. (Mg-5)