TIAKUR, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya memperoleh penghargaan universal health coverage (UHC)dari BPJS Kesehatan, lantaran berhasil mencapai 98 persen warga MBD tercover program JKN-KIS.

Penghargaan itu diserahkan Wakil Presiden Ma’aruf Amin kepada Bupati MBD Benjamin Noach di Ballroom Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (8/8)

Bupati pada kesmepatan itu, menyampaikan rasa syukur karena terpilih menerima penghargaan atas upaya menyelesaikan persoalan dasar, yaitu Jaminan Kesehatan nasional.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari masyarakat dan semua stakeholder, sehingga terlaksananya program JKN-KIS di Kabupaten MBD, sehingga kita peroleh penghargaan UHC,” ungkap bupati.

Pemkab MBD memperoleh penghargaan ini kata bupati, karena jumlah kepesertaan JKN-KIS diatas 95 persen dan ini patut disyukuri sebab MBD dapat apresiasi dari pemerintah pusat atas komitmen dalam menjalankan program JKN dan ini sejalan dengan apa yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dalam memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat.

Baca Juga: Namanya Disentil Atas Viralnya Rekaman Suara AR, Wattimena: Saya Tidak Tahu

Pemerintah Kabupaten MBD melalui Dinas Kesehatan, RSUD, Puskemas dan Fasilitas Kesehatan memastikan akan terus meningkatkan berbagai perakatan penunjang kesehatan.

“Peningkatan layanan kesehatan untuk menunjang program UHC telah kita lakukan dengan melakukan akreditasi bagi Puskemas dan RSUD, penambahan mobil ambulans untuk program jemput pasien dan PSC 119 serta pengadaan alat unit transfusi darah dan alat kesehatan lainnya,” tutur bupati.

Ia berharap, upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat ini, dapat berjalan dengan baik dan didukung seluruh masyarakat MBD.

“Pemkab MBD akan terus berupaya memastikan agar masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik dan gratis. Mohon dukungannya supaya kami bisa terus melanjutkan program UHC ini di MBD,’ pinta bupati.

Untuk diketahui tutur mendampingi Bupati MBD saat menerima penghargaan itu yakni, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Harbu Hakim dan Kepala Kantor BPJS Kesehatan MBD Agust Souhuwat.(S-28)