AMBON, Siwalimanews – Speedboat yang ditumpangi Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge beserta rombongan dari Pulau Tayandu menuju Kota Tual, Sabtu (29/1) sekitar pukul 07.40 WIT mengalami kerusakan mesin dan terombang-ambil di Perairan Ubur.

Speedboat bertolak pukul 05.00 WIT dini hari, dan saat berada diperairan Ubur speedboat yang membawa 20 penumpang itu mengalami mati mesin dan selama beberapa jam speedboat itu berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan.

“Sekitar pukul 08.20 WIT, Command Center Kantor SAR Ambon menerima informasi dari Koorpos Tual bahwa, speed boat yang membawa 20 penumpang yang adalah rombongan Wawali Tual mengalami mati mesin di sekitar Perairan Ubur, sehingga tim gabungan dikerahkan ke koordinat dimaksud guna melakukan tindakan evakuasi,” jelas Kepala Kantor SAR Ambon, Mustari dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Sabtu (29/1).

Dalam pencarian itu, KN SAR Bharata dan KN Catamaran Bakamla diberangkatkan menuju  koordinat 5°34.103′ S – 132°34.862′ E, jarak -+ 3 NM, dan Heading -+ 348.55° arah Utara Dermaga PPN Kota Tual yang diduga sebagai lokasi speed boat.

Dari proses pencarian, Tim SAR gabungan berhasil menemukan speedboat tersebut di perairan Pulau Ubur, Kabupaten Malra dan berhasil mengevakuasi seluruh korban dalam keadaan selamat.

Baca Juga: Bupati Lantik 42 Pejabat Lingkup Pemkab MBD

Berikut nama seluruh penumpang yang berhasil dievakuasi masing-masing, Usman Tamnge (Wakil Walikota Tual), Ibrahim Tamher (Kasatpol PP Kota Tual), Hadi Rengur, Cen Kabalmay, Arif Tamher, saleh Ragerit, Ali Rumaf, Yoga Renfaan, Nur, Kaka Renwarin, Aswan Rahangmetan, Dullah Tusiek, Dr Ilyas, dr Devita, Nur Mandak, Nus Sairlela, Dwi Kurniati, Arfa Seknun, Abdulah dan Muslimin.

“Dengan ditemukannya seluruh korban dengan keadaan selamat, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh Unsur gabungan dikembalikan ke satuannya masing-masing,” ucap Mustari. (S-45)