AMBON, Siwalimanews – Menjelang Pemilu 2024, Polda Maluku melalui Satgas Preemtif Operasi Mantap Brata Salawaku, gencar menemui masyarakat untuk sosialisasi kamtibmas, dimana warga diajak bersama polisi menjaga keamanan dan ketertiban yang kondusif di Kota Ambon.

Sejumlah wilayah di Ambon dikunjungi aparat Polda Maluku, seperti di kawasan Pangkalan Ojek Wisma Game Kelurahan Batu Meja.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Roem Ohoirat mengatakan, tim satgas OMB gencar dikerahkan untuk mengajak masyarakat agar dapat menghindari penyebaran berita hoax terkait isu SARA, maupun politik identitas.

“Warga juga diingatkan untuk tidak saling adu domba. Berbeda pilihan hendaknya disikapi dengan bijak, karena siapapun calonnya, apapun partainya, kita tetap harus menjaga situasi kamtibmas yang kondusif,” jelas Ohoirat kepada wartawan di Mapolda Maluku, Kamis (25/1).

Tahapan Pemilu 2024 yang sedang dijalani saat ini kata Kabid, telah sampai pada tahap kampanye. Masyarakat diminta melaksanakan kampanye secara tertib dan damai.

Baca Juga: Atapary Minta Plt Direktur RSUD Maksimalkan Poliklinik

Warga juga diminta agar dapat mematuhi aturan-aturan terkait kampanye yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara.

“Masyarakat juga diingatkan agar tidak terprovokasi, hindari politik identitas, politisasi agama, dan polarisasi mayarakat,” pintanya.

Warga yang ditemui aparat secara langsung juga kata Kabid, diingatkan untuk tidak mengkonsumsi minuman keras, karena dapat berdampak terjadinya gangguan kamtibmas.

“Warga diajak untuk bijak dalam bermedia sosial (hoax, hate speech, provokasi dan penyesatan masyarakat). Jangan melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri atau orang lain atau perbuatan melawan atau melanggar aturan hukum,” harapnya.

Selain itu, masyarakat juga diingatkan untuk bisa menggunakan hak pilihnya yang dijamin oleh negara secara bertanggung jawab.

“Walaupun berbeda pilihan tetapi mari tetap hidup dengan semangat persaudaraan dalam bingkai basudara manise,” himbaunya.(S-10)