AMBON, Siwalimanews – Tim vaksinasi dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Ambon mulai melaksanakan vaksinasi dengan sistem dor to dor

Desa Poka, Rumah Tiga menjadi wilayah pertama penerapan sistem ini dan hasilnya puluhan warga berhasil divaksin di tempat, Rabu (24/11).

Pejabat Kepala Pemerintahan Desa Poka, Erick Van Room, menjelaskan vaksinasi door to door sudah dilaksanakan  sejak Selasa 23 November selama tiga hari.

Dikatakan, vaksinasi dari rumah ke rumah dimulai dengan turun langsung untuk mendata warga yang belum divaksin.

“Selama satu minggu penuh, kami mendata warga yang bersedia untuk divaksin, juga yang tidak bersedia, ungkapnya, dalam rilis yang diterima Siwalima.

Setelah proses pendataan tersebut rampung, data kemudian diserahkan ke pihak puskesmas untuk penjadwalan vaksinasi door to door bagi warga. “Kita melayani vaksinasi khusus warga ber-KTP Ambon dan selama pelaksanaan suduah 72 warga yang divaksin,” jelasnya.

Terkait pelaksanaan vaksinasi door to door Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy menyatakan hal tersebut sepenuhnya merupakan inisiatif masing-masing desa, negeri dan lelurahan dengan system jemput bola

“Inisiatif itu karena banyak masyarakat sudah bertanya-tanya sehingga animo masyarakat harus direspon oleh puskesmas dan pemerintah desa, negeri serta kelurahan,” singkatnya.

Sementara itu capaian vaksinasi Covid-19 di kota Ambon dilansir kemkes.go.id, per 24 November 2021, untuk dosis pertama 229,807 jiwa (83,81%), dosis kedua 137.842 jiwa (50,27%) sedangkan untuk lansia dosis pertama, 15.131 (64,48%), dosis kedua 11.323 jiwa (46,00%). (S-52)