AMBON, Siwalimanews – Sebanyak sembilan bakal pasangan calon kepala daerah dari empat kabupaten tersisa akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RUSD dr M Haulussy Ambon, pada Senin, (2/9).

Kesembilan bakal pasangan calon tersisa masing-masing empat bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan, satu bapaslon Bupati dan Wakil Bupati MBD, satu bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Tanimbar dan dua bapaslon Bupati dan Wakil Bupati SBT.

Sedangkan untuk tiga bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Malaku telah tuntas menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Jadi untuk tiga paslon gubernur dan wakil gubernur sudah tuntas diperiksa tim dokter RSUD Haulussy, tersisa sembilan paslon yang akan jalani pemeriksaan di hari terakhir Senin (2/9) esok,” jelas Direktur RSUD dr M Haulussy Novita Nikijuluw dalam keterangan persnya di aula RSUD kepada wartawan, Sabtu (31/8).

Pantauan selama dua hari proses pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah kata dia, semuanya berjalan lancar dengan 20 jenis pemeriksaan.

Baca Juga: KPU SBT: Masih Tersisa Dua Calkada Belum Jalani Pemeriksaan

Untuk pemeriksaan kesehatan calkada 2024 terdapat beberapa penambahan, yakni wawancara psikoterapi dan wawancara psikolog, pemeriksaan saraf dan fungsi luhur.

“Tambahan jenis pemeriksaan ini yang memakan waktu dan menguras tenaga, sebab untuk pemeriksaan jiwa masing-masing calon membutuhkan waktu 5-6 jam,” tuturnya.

Ditanya terkait hasil pemeriksaan, Nikijuluw menegaskan seluruh hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon akan dibahas dalam rapat pleno untuk diputus memenuhi syarat atau tidak.

“Sesuai aturan PKPU itu kan satu hari pasca pemeriksaan sudah harus ditetapkan, jadi paling lambat tanggal 3 sudah ada hasil dan selanjutnya kita serahkan ke KPU,” pungkasnya.(S-20)