Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar memastikan seluruh ASN akan mendukung penuh penjabat Bupati yang baru dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan pasca dilantik oleh Gubernur Maluku Murad Ismail nantinya.

Penegasan ini disampaikan langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Ruben Moriolkosu kepada Siwalimanews, Senin (23/5) merespon penunjang Daniel Indey sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Pada  prinsipnya kami seluruh ASN setelah mendengar keputusan menteri dalam negeri  kami tetap berkomitmen untuk tetap mendukung Penjabat dalam melakukan tugas sebagai penjabat bupati Tanimbar,” tegas Sekda.

Dijelaskan, nantinya setelah dilantik secara resmi oleh Gubernur Maluku Murad Ismail maka pihaknya secepatnya akan melakukan koordinasi bersama Penjabat Bupati untuk pelaksa­naan tugas-tugas agar pemerin­tahan dapat berjalan dengan baik selama satu tahun kedepan.

Terkait dengan pembinaan ASN, Sekda menegaskan jika walaupun Kabupaten Kepulauan Tanimbar dipimpin oleh penjabat Bupati  namun proses  pembi­naan ASN tetap berjalan sebab sebagai ASN pihaknya tetap tunduk pada aturan yang berlaku.

Baca Juga: Wattimury Apresiasi Empat Penjabat Kepala Daerah

Artinya, ketika ada pelanggaran yang sengaja dilakukan oleh ASN maka pihaknya akan tetap menjatuhkan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait dengan disiplin ASN.

Sekda juga menyinggung soal kesiapan Kabupaten Kepulauan Tanimbar dengan kepemimpinan yang baru terhadap kesiapan pemerintah menghadapi blok masela dimana siapapun yang menjadi penjabat kepala daerah, Kabupaten Kepulauan Tanimbar tetap siap

“Memang untuk kelanjutan blok Masela kita menunggu keputusan pemerintah pusat untuk proses selanjutnya,” tandasnya.

Lanjutnya, untuk mendukung kesiapan itu maka Pemerintah Kabupaten terus mempersiapkan sumber daya manusia khusus­nya anak daerah agar dapat berkiprah di ladang abadi blok masela, salah satunya dengan menyekolahkan diluar negeri.

“Soal kesiapan SDM, memang sudah beberapa tahun kita mengirimkan anak daerah untuk bersekolah di luar negeri dan sedang melakukan studi di berbagai bidang,” cetusnya.

Sekda juga memastikan seluruh masyarakat mendukung penuh pelaksanaan blok masela di Kabupaten Kepulauan Tanimbar sehingga akan sangat mendukung penjabat Bupati dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan untuk kesejahteraan masyarakat Tanimbar. (S-20)