AMBON, Siwlaimanews – SD Negri 95 Ambon masuk dalam penilaian sebagai sekolah sehat yang dinilai oleh Dinas kesehatan Kota Ambon.

Tim penilai  dari Puskesmas Benteng dan Dinas Kesehatan, menilai sekolah ini masuk dalam penilaian tersebut, dikarenakan SDN 95 merupakan salah satu sekolah yang tergolong sebagai sekolah bersih.

Kedatangan tim penilai disambut oleh kelompok jukulele SDN 95 Ambon yang terdiri dari siswa dan siswi kelas lV, V, Vl. Barometer titik penilaian yang dilakukan tim disekolah ini seperti, lingkungan sekolah, ruang UKS, kantin, toilet, ruang kelas, serta tempat pembuangan sampah, tempat pembuangan  limbah dan beberapa tempat lainnya.

Adapun legitmasi dan beberapa langkah yang menjadi tujuan utama penilaian maka, hal penting yang di lakukan pihak sekolah adalah merubah lokasi yang biasa – biasa saja menjadi lingkungan yang bersih.

Kepala SDN 95 Ambon Agustina P Siahaya kepada Siwalimanews di Ambon Rabu, (13/3) mengaku, pihaknya bangga sebab atas kerja keras dewan guru serta komite orang tua murid dan masyarakat setempat serta dedikasi terhadap SDN 95 Ambon, maka sekolah ini masuk dalam penilaian sekolah sehat, hal itu tentu merujuk pada keteladanan yang baik.

Baca Juga: Bawaslu Malteng Perintahkan KPU Kembalikan Suara Caleg Perindo

“Awalnya SDN 95 Ambon mewakili sekolah- sekolah yang lain kapasitas penilaian dalam program  sekolah sehat sejak ditetapkan pada 4 Maret 2024 kemarin, persiapan telah dilakukan dewan guru beberapa hari sesudah surat masuk dari tim penilai dari Puskesmas Benteng,” ujarnya.

Oleh karena itu kata kepsek, segala persiapan oleh dewan guru telah dilakukan guna memberikan yang terbaik untuk sekolah ini.

“Sekolah ini bukan saja ditunjuk sebagai sekolah sehat, kemudian baru di lakukan pembenahan dan pembersihan, namun sudah dilakukan setiap hari,” ucapnya.

Ia menuturkan, sejak ditunjuk sebagai kepala sekolah, hal pertama yang dilakukan adalah melakukan pembenahan maupun pembersihan di seluruh area sekolah, dengan menata ulang hal-hal yang perlu ditata, s ehingga pandang bagus di lingkungan sekolah.

“Nah tentu ini, memberikan dampak positif bagi semua orang lewat kerja nyata yang di lakukan. Hal penting yang perlu di terapkan kepada suruh dewan guru serta para murid adalah, selalu  melakukan penghijauan dan dan jaga kebersihan karena, bersih merupakan bagian dari iman,” tandasnya.

Kegiatan ini menurutnya, merupakan salah satu kegiatan yang melibatkan SDN 95 Ambon sebagai salah satu teladan bagi sekolah lain di Kota Ambon yang masuk dalam penilaian sekolah sehat dan ini tentu memberikan citra baik bagai SDN 95 Ambon dalam memberikan hal positif bagi seluruh murid untuk melakukan aktivitas pembelajaran.

Tim penilai dari Dinas Kesehatan Kota Ambon Eflin Tin mengaku, SDN 95 Ambon masuk dalam proses penilaian sekolah sehat jika dilihat dari segi kebersihan, semuanya rata-rata bersih.

“Kita sudah lakukan pemeriksaan, baik itu ruang UKS, kantin, toilet tempat pembuangan sampah, tempat cuci tangan semuanya bersih nah, bagus sekali,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Puskesmas Benteng Efita Untoro menambahkan, prosudur telah dinilai dan semuanya bersih, apresiasi juga kepada kepala sekolah serta dewan guru terkait dengan kegiatan sekolah sehat ini.

“Kami berharap agar pengganti kepala sekolah yang baru bisa melanjutkan program yang dilakukan kepala sekolah ini, sebab ibu kepsek tidak lama lagi  pensiun,” harapnya.(S-26)