AMBON, Siwalimanews – Satu pegawai negeri sipil (PNS) yang baru dilantik terpapar Virus Corona Disease 2019 (Covid-19). Hal tersebut disampaikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy saat apel pagi untuk melantik 189 PNS baru.

Walikota mengungkapkan, infor­masi tersebut diterimanya dari kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kota Ambon, Benny Selanno. “Tadi Kepala BK­SDM sampaikan buat saya dari 189 ini ada satu yang terindikasi positif Covid-19,” bebernya saat mem­be­rikan pengarahan apel pagi sekaligus melantik 189 PNS baru, di Balai Kota Ambon, Jumat (19/3).

Walikota mengungkapkan, tidak perlu khawatirkan akan diberhentikan dari tugas lantaran terpapar. Sebab, pihaknya akan memberikan penanganan serius. Ia juga meminta kepada satu pegawai yang enggan disebutkan namanya itu, agar tidak menganggap hal ini sebagai aib.

Dirinya mencontohkan sebelumnya beberapa pimpinan oraganisasi perangkat daerah (OPD) pernah terpapar. Seperti, Kepala Dinas Sosail (Dinsos) Kota Ambon, Nurhayati Jasin, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol-PP) Kota Ambon, Josias Lopies.

Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat juga pernah terpapar. Namun, semuanya tetap ditangani secara medis dengan baik dan melakukan isolasi secara mandiri atau terpusat.

Baca Juga: Walikota:17.443 Orang Telah Divaksin

“Jadi kalau kita terpapar lalu takut harus seperti apa. Yang sakit harus melewati proses medis dengan baik. Ada beberapa pejabat juga pernah diisolasi jadi jangan anggap ini aib. Tidak boleh,” tandas Walikota.

Ia meminta kepada seluruh pegawai untuk tetap menjalankan aturan pemerintah yakni; menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan (4M).

“Saudara-saudara jaga betul, tingkatkan betul disiplin pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan di kantor maupun di mana saja,” pinta Walikota. (S-52)