AMBON, Siwalimanews – Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta meningkatkan upaya pencegahan penularan virus ini, maka tim satuan tugas aman nusa ll Polda Maluku melakukan sterilisasi Pelabuhan Yos Sudarso Ambon dengan cairan disinfektan, Selasa (25/8).

Sebanyak 10 personil Kimia Biologi Radioaktif (KBR) yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa ll yang di pimpin Ipda A Manullang dikerahkan untuk mensterilkan pelabuhan ini, sebab aktivitas bongkar muat serta pelayanan pelayaran oleh armada milik PT Pelni telah dibuka lagi.

Itu berari ribuan orang telah masuk dan keluar dari areal pelabuhan ini, sehingga perlu disterilkan, sekaligus memutus mata rantai penyebaran Cov id-19.

“Hari ini tim satgas aman nusa kembali menyemprotkan cairan disinfektan pada kawasan Pelabuhan Yos Sudarso dan sekitarnya karena kawasan ini merupakan salah satu titik keramaian di Kota Ambon,” ucap Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes M Guntur.

Sementara itu, Pasi Ops Detasemen Gegana Ipda A Manullang yang memimpin jalannya aksi itu menambahkan, penyemprotan disinfektan hari ini difokuskan pada Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, dikarenakan tempat tersebut merupakan tempat yang rawan terjadinya penularan virus.

Baca Juga: Lewerissa Serap Aspirasi Masyarakat Hadapi Covid

“Pelabuhan merupakan tempat keramaian, jadi sudah sewajarnya dilakukan penyemprotan di daerah tersebut,” ungkap Manullang.

Selain penyemprotan para personil satgas juga memberikan himbauan kepada para buruh pelabuhan agar tetap memakai masker saat beraktivitas, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer serta selalu menjaga jarak di tempat keramaian.

“Dengan dilaksanakannya penyemprotan cairan disinfektan ini, kita sangat berharap masyarakat yang terinfeksi bisa berkurang dan tidak ada korban lagi yang disebabkan oleh virus corona ini,” harapnya. (S-45)