AMBON, Siwalimanews – Alex Sariwating terpilih sebagai Ketua PERSATUAN Wartawan Indonesia Provinsi Maluku periode 2023-2028, dalam konfrensi yang berlangsung di Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Kamis (4/5).

Konfrensi PWI Maluku yang berlangsung dibawah sorotan tema Membangun Kebersamaan untuk Maluku Maju itu terdapat dua kandidat yang maju dalam bursa pencalonan ketua, keduanya adalah Alax Sariwating dan Petrus Oratmangun.

Proses pemilihan sempat mengalami deadlock, karena saat pemungutan suara dari 77 peserta yang telah disahkan, terdapat sekitar 17 peserta yang belum memberikan hak pilih mereka, namun kertas suara sudah terpakai.

Namun setelah dikorschek ulang ternyata terdapat kesalahan teknis, sehingga peserta konfrensi meminta untuk dilakukan proses pemungutan suara ulang.

Dalam proses pemilihan ulang tersebut para peserta kemudian didata kembali yang disaksikan langsung Ketua PWI pusat Atal Depari, sehingga dari 101 peserta yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap 7 peserta tak hadir dan tanpa mandat, sementara 94 peserta dinyatakn hadir (51 hadir langsung dan 43 mandat).

Baca Juga: Kapolres: Operasi Ketupat di SBT Berakhir

Dari 94 peserta konfrensi yang memberikan  hak suara mereka dalam proses pemilihan ulang tersebut, Alex Sariwating meraih 69 suara sementara Petrus Oratmangun hanya meraih 25 suara. Dengan demikian pemimpin jalannya sidang yang terdiri dari Fredom Toumahuw selaktu ketua dan Batje Warlauw sebagai anggota serta Abdullah Tusiek menetapkan Sariwating sebagai Ketua PWI Maluku terpilih periode 2023-2028.

Usai ditetapkan sebagai ketua terpilih kemudian dilanjutkan dengan penyerahan patak dari Ketua PWI Pusat kepada Alex Sariwating.

Ketua PWI Pusat Atal Depari saat menutup konfrensi tersebut mengaku, bangga dengan carateker serta organizing committee, sebab hanya dengan anggaran yang minim konfrensi ini dapat dilaksanakan dengan baik.

“Saya bangga dengan rekan-rekan PWI di Maluku sebab, walaupun terjadi dinamika yang cukup tinggi tadi, namun dengan semangat kebersamaan yang tinggi akhirnya dinamika tersbeut dapat diselesaikan dnegan baik, sehingga proses pemilihan dapat berjalan dnegan baik,” ucap Atal

Pada kesempatan itu Atal juga minta kepada ketua terpilih agar dapat memperhatikan para pengurus di daerah, sebab sudah saatnya PWI Maluku bangkit setelah sekian lama vakum.

“Saya atas PWI Pusat mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Maluku terutama pak gubernur yang telah membantu serta mengijinkan pemakaian gedung ini, sehingga konfrensi dapat berjalan, kiranya dnegan terpilihnya ketua PWI Maluku yang baru ini, Maluku akan semakin maju,” harap Atal.

Sementara itu, Ketua PWI Maluku terpilih Alex Sariwating usai pemilihan kepada Siwalimanews, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya serta juga kepada Caretaker PWI Maluku dan panitia pelaksana, serta PWI Pusat.

“Saya sekali lagi ucapkan terima kasih, dan saya mengajak semua rekan-rekan wartawan untuk hilangkan berbedaan dan bersatu untuk merajut kebersamaan demi membangun PWI yang sama-sama kita cinta dan Provinsi Maluku kedepan,” ucap Sariwating. (S-25)