AMBON, Siwalimanews – Tim dari Staf Ahli Mabes TNI mengunjungi Polda Maluku. Mereka melakukan pendataan kerawanan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Tim yang dipimpin Staf Ahli Panglima TNI, Marsda TNI Agus Sudarmanto, ini diterima langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, didampingi Wakapolda Maluku Brigjen Stephen M. Napiun.

Kegiatan pengumpulan data kesiapan pengamanan jelang Pemilu 2024 ini dilaksanakan di Rupatama Mapolda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Selasa (29/8).

Kapolda Maluku Lotharia Latif dalam arahannya mengaku, secara umum Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas) menjelang Pemilu 2024 di wilayah hukum Polda Maluku dalam keadaan aman dan kondusif.

“Secara umum Sitkamtibmas aman kondusif. Semoga situasi ini selalu terjaga terus hingga perhelatan pemilihan umum tanggal 14 Febuari yang tinggal 169 hari lagi,” harapnya.

Baca Juga: Puluhan Ruko Digembok, Pedagang Ngadu ke Polda

Kapolda menyampaikan, indeks kerawanan Pemilu 2024 di wilayah Maluku berdasarkan subdimensi keamanan dari 11 kabupaten/kota semuanya masuk dalam kategori rawan sedang.

“Saya berharap kepada responden untuk mendukung pelaksanaan ini, dengan memberikan data dan informasi yang diperlukan, sehingga tim dapat memperoleh data dan informasi yang valid dan akuntabel yang bisa menjadi pedoman dalam pengamanan Pemilu tahun 2024 mendatang,” pintanya.

Pada kesempatan itu, Kapolda Maluku juga menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi saat Pemilu tahun lalu. Diantaranya keterlambatan pendistribusian logistik akibat cuaca buruk di laut.

“Pada Pemilu lalu pendistribu­sian logistik suara saat kembali di Maluku yang terakhir, karena faktor cuaca. Sehingga diharapkan tahun 2024 nanti dapat disiapkan pesawat atau helikopter untuk pendistribusian logistik Pemilu,” ungkapnya.

Setelah sambutan dari Kapolda, dilanjutkan dengan paparan kesiapan Polda Maluku dalam pengamanan Pemilu tahun 2024. Paparan tersebut disampaikan oleh Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Asep Saipudin.

Sementara itu, Staf ahli Panglima TNI Marsda TNI Agus Sudarmanto, juga menyampaikan berbagai program kegiatan yang dilakukan. Salah satunya yaitu menyusun kajian dengan judul kesiapan TNI dalam menghadapi tugas pengamanan tahapan Pemilu serentak tahun 2024.

“Salah satu kegiatannya adalah dengan mengumpulkan data dengan tujuan mengiinfestarisir data dari permasalahaan di lapangan, sebagai bahan masukan kepada Panglima TNI terkait dengan kesiapan mengha­dapi pemilu tersebut,” ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini tak hanya dilakukan di Polda Maluku, melainkan juga di Kodam XVI/Pattimura, Lantamal IX Ambon, dan Lanud Patimura Ambon. (S-10)