TIAKUR, Siwalimanews – Personel Patroli Satuan Samapta Polres Maluku Barat Daya menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan melakukan Patroli Ranmor roda dua guna memantau aktifitas warga serta menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas.

Hal ini dilakukan guna pemeliharaan keamanan dan ketertiban Masyarakat, yang  merupakan prioritas utama Polri sebagai bentuk implementasi Program Polri Presisi, Polri berupaya mencegah dan menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas dalam upaya mewujudkan Stabilitas Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kegiatan Patroli kali ini dipimpin oleh Bripda Santoso bersama 4 rekannya menggunakan Ranmor Patroli roda dua sebanyak 5 unit, kegiatan Patroli berawal dari Mapolres MBD selanjutnya menyusuri jalan raya memantau aktifitas masyarakat pada beberapa tempat yang dianggap rawan terjadinya gangguan kamtibmas di Kota Tiakur dan sekitarnya pukul 10.00 WIT, Minggu (25/2).

Saat berpatroli dilakukan pula dialog dengan warga di kompleks Bandara Yos Orno Imsula Moa, Personel Patroli meminta warga untuk membantu Kepolisian menjaga kamtibmas serta mengingatkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan dan menghindari segala pelanggaran hukum yang pada akhirnya dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, melalui Kasi Humas Ipda Wempi R. Paunno mengatakan, pelaksanaan tugas patroli oleh personel Satuan Samapta dituntut untuk selalu hadir disetiap hari untuk memantau kegiatan masyarakat sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, dengan hadirnya polisi maka warga akan merasa terayomi dan terlayani serta semakin mempererat hubungan masyarakat dengan Polri.

Baca Juga: Persidangan XXX Jemaat GPM Eirene Dimulai

“Sesuai penegasan pimpinan dengan memperhatikan perkembangan situasi kamtibmas maka personel Polri dituntut untuk selalu hadir guna memantau kegiatan masyarakat sebagai upaya menangkal segala bentuk kerawanan yang dapat berpotensi terganggunya stabilitas kamtibmas, dengan hadirnya polisi maka warga akan merasa terayomi dan terlayani serta semakin mempererat hubungan masyarakat dengan Polri,” ujar Kasi Humas, dalam rilisnya Minggu (25/2).

Menurutnya, kegiatan patroli yang dilakukan oleh personel Satuan Samapta Polres MBD  disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang menghendaki hadirnya anggota Polri ditengah-tengah masyarakat sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat untuk memberikan rasa aman dan tenteram serta menangkal segala bentuk ancaman dan gangguan yang dapat mempengaruhi stabilitas kamtibmas.

“Untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif diperlukan peran serta personel Polri untuk mendekatkan diri kepada masyarakat sekaligus memberikan pemahaman tentang kamtibmas yang nyata guna terwujudnya stabilitas Kamtibmas yang kondusif sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan Polri kepada masyarakat,” katanya. (S-28)